Manajemen sekolah Adiwiyata dalam membentuk karakter peduli lingkungan pada siswa MAN 1 Jombang

Lathifah, Dina Fatihul (2019) Manajemen sekolah Adiwiyata dalam membentuk karakter peduli lingkungan pada siswa MAN 1 Jombang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of NIM1503036008.pdf]
Preview
Text
NIM1503036008.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh manusia sangatlah besar. Karena permasalahan tersebut, pemerintah membuat peraturan tentang lingkungan hidup dengan menerapkan pendidikan lingkungan hidup di sekolah yang disebut Program Adiwiyata. Adapun rumusan masalah ini adalah (1) bagaimana manajemen sekolah Adiwiyata di MAN 1 Jombang. (2) bagaimana implikasi program Adiwiyata dalam membentuk karakter peduli lingkungan pada siswa MAN 1 Jombang.

Jenis Penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber.

Hasil dari penelitian ini adalah (1) manajemen sekolah Adiwiyata di MAN 1 Jombang ditata dan dilaksanakan sedemikian rupa oleh madrasah untuk mencapai madrasah Adiwiyata yang unggul. (2) Implikasi program Adiwiyata dalam membentuk karakter peduli lingkungan pada siswa di MAN 1 Jombang adalah siswa menjadi terbiasa membuang dan memilah sampah sesuai dengan jenisnya, selain itu siswa juga dapat lebih kreatif dengan adanya perlombaan yang dilaksanakan di madrasah.

Saran peneliti untuk kepala madrasah maupun guru adalah dapat lebih meningkatkan kualitas pengajaran maupun pembiasaan kepada siswa untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Sekolah Adiwiyata; Pendidikan Karakter; Peduli Lingkungan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Ujang Azwar
Date Deposited: 31 Mar 2020 07:56
Last Modified: 31 Mar 2020 07:56
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11160

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics