Afifi, Abdul Aziz (2019) Sketsa pendidikan keluarga di era milenial : kajian buku Dunia Kali karya Puthut Ea dalam perspektif pendidikan Islam. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of NIM1403016100.pdf]
Preview
Text
NIM1403016100.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Peran perempuan dalam hal pola asuh telah berlangsung lama dalam setiap era. Sehingga anggapan yang melekat pada perempuan, anak sebagai tanggung jawab tunggal para perempuan. Namun memasuki era milenium ini, para laki-laki hadir dan menyentuh anaknya secara langsung, melalui kegiatan sehari-hari mulai dari menyuapi dan lain sebagainya. Fenomena tersebut menimbulkan pertanyaan tentang adakah pergeseran nilai-nilai yang ada terutama dalam hal keagamaan serta bagaimanakah sesungguhnya sketsa keluarga di era milenial bekerja, terutama dalam narasi buku Dunia Kali. Berangkat dari keganjilan tersebut, fenomena ini menjadi bahan penelitian yang cukup memadai dengan tujuan mengetahui sketsa pendidikan keluarga serta bagaimana orang tua dalam menempatkan diri dalam membangun karakter islami pada anak mereka.
Penelitian ini menggunakan metode libarary resarch yakni menekankan akan pemaknaan dan interpretasi dari sumber primer. Dalam penelitian ini data bersumber pada kajian teks berupa buku Dunia Kali sebagai sumber primer, selain itu data diperoleh dalam bentuk data skunder berupa wawancara, arsip, serta dalil sebagai pendukung dalam analisis sumber primer. Melalui sumber-sumber tersebut kajian dapat dianalisis guna menemukan makna dan fakta dari teks yang sudah ada tersebut.
Penelitian ini menyimpulkan buku Dunia Kali sebagai objek kajian menunjukan sketsa keluarga milenial tidak kehilangan nilai dan norma agamanya. Nilai dan norma tersebut ditunjukkan dalam proses pola asuh yang dihadirkan, melalui strategi yang digunakan yakni menggunakan dialog dan pembangunan aspek seperti: jasmani, kejiwaan, karakter dan aspek agama. Selain itu, nilai dan norma agama yang tidak luntur juga hadir dalam hadirnya pendidikan islam sebagai proses mendidik anak. Di mana ditunjukkan dengan peran orang tua yang memahami anak melalui: Konsep dan perangkat pada anak, pola asuh yang demokratis serta penanaman akhlak. Selain itu, dalam kesemua ranah orang tua hadir sebagai figur bagi anak mereka.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan keluarga; Era milenial; Pendidikan Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ujang Azwar
Date Deposited: 02 Apr 2020 03:19
Last Modified: 02 Apr 2020 03:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11174

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics