Pola pendidikan agama Islam bagi anak nelayan Miyang di Bajomulyo Juwana Pati

Ambarwati, Siti (2019) Pola pendidikan agama Islam bagi anak nelayan Miyang di Bajomulyo Juwana Pati. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of NIM1503016088.pdf]
Preview
Text
NIM1503016088.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pola Pendidikan Agama Islam bagi anak nelayan jenis miyang di Desa Bajomulyo Juwana Pati.Fokus yang dikaji dalam penelitian ini adalah apa yang menjadi permasalahan keluarga nelayan miyang dalam memberikan pendidikan agama Islam pada anak dan bagaimana pola pendidikan agama Islam yang diberikan oleh keluarga nelayan miyang pada anak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jadi kehadiran peneliti di lapangan sangat penting sekali mengingat peneliti bertindak langsung sebagai instrument langsung dan sebagai pengumpul data dari hasil observasi yang mendalam serta terlibat aktif dalam penelitian. Data yang berbentuk kata-kata diambil dari para informan/responden pada waktu mereka diwawancarai. Dengan kata lain data-data tersebut berupa keterangan dari para informan, sedangkan data tambahan berupa dokumen. Keseluruhan data tersebut selain wawancara diperoleh dari observasi dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan cara menelaah data yang ada, lalu mengadakan reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan dan tahap akhir dari analisa data ini adalah mengadakankeabsahan data.
Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: Pola pendidikan agama Islam pada anak dalam keluarga nelayan miyang di Bajomulyo Juwana Pati yaitu pola pendidikan otoriter, pola pendidikan demokratis, dan pola pendidikan laissez faire (bebas). Permasalahan yang di hadapi keluarga nelayan miyang dalam memberikan pendidikan agama pada anak disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama, faktor eksternal yaitu faktor kurangnya perhatian orangtua disebabkan pekerjaan ayah yang harus berlayar di laut begitu juga seorang ibu yang bekerja untuk membantu perekonomian keluarga sehingga waktu untuk keluarga berkurang, faktor teladan dari orangtua. Kedua, faktor internal yaitu faktor minat belajar anak dalam mempelajari ilmu agama Islam yang kurang. Selain itu terdapat faktor teknologi yang juga mempengaruhi proses belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Anak; Pendidikan Agama Isam; Keluarga Nelayan Miyang
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ujang Azwar
Date Deposited: 02 Apr 2020 03:32
Last Modified: 02 Apr 2020 03:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11179

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics