Membaca label pangan pada mahasiswa Gizi UIN Walisongo Semarang

Maulida, Arina Zulva (2019) Membaca label pangan pada mahasiswa Gizi UIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of NIM1507026001.pdf]
Preview
Text
NIM1507026001.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: membiasakan membaca label pangan sebelum membeli produk pangan kemasan merupakan salah satu aplikasi perilaku gizi seimbang . Mahasiswa gizi merupakan civitas akademika yang mampu memahami, mengawasi, dan mengaplikasikan ilmu yang telah didapat. Pengetahuan merupakan faktor yang mempengaruhi kepatuhan membaca label pangan.
Tujuan: penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan label pangan dengan tingkat kepatuhan membaca label pangan pada mahasiswa gizi UIN Walisongo Semarang.
Metode: studi obeservasional menggunakan desain cross sectional melibatkan 86 responden mahasiswa gizi UIN Walisongo Semarang yang dipilih dengan teknik multistage sampling. Data yang dikumpulkan adalah karateristik responden, karakteristik keluarga, sumber memperoleh informasi label pangan, prioritas membaca label pangan, pengetahuan label pangn dan kepatuhan membaca label pangan. Uji spearmen digunakan untuk menganalisis hubungan pengetahuan dengan tingkat kepatuhan membaca label pangan pada mahasiswa gizi UIN Walisongo Semarang.
Hasil: sebagian besar (74,4 %) mahasiswa gizi UIN Walisongo Semarang memiliki pengetahuan label pangan dengan kategori cukup, dan sisanya (12,8 %) mahaiswa memiliki pengetahuan kategori baik dan kategori kurang (12,8 %). Tingkat kepatuhan membaca label pangan pada mahasiswa UIN Walisongo Semarang berada pada kategori cukup ( 73,3%) , kategori baik (12,8%) dan kategori kurang (14,0 %
Simpulan: tidak terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan dengan tingkat kepatuhan membaca label pangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: label pangan; Mahasiswa UIN Walisongo
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > 13211 - Gizi
Depositing User: Ujang Azwar
Date Deposited: 28 May 2020 00:38
Last Modified: 31 May 2021 06:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11191

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics