Bimbingan keagamaan terhadap difabel di komunitas difabel Ar-Rizki Kelurahan Rowosari Kecamatan Tembalang Semarang

Armeta, Vida (2020) Bimbingan keagamaan terhadap difabel di komunitas difabel Ar-Rizki Kelurahan Rowosari Kecamatan Tembalang Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_1501016080_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM_1501016080_Skripsi_Lengkap)
1501016080_skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang bimbingan keagamaan di komunitas difabel Ar-rizki Kelurahan Rowosari Kecamatan Tembalang Semarang yang merupakan salah satu komunitas difabel yang mengajarkan keagamaan bagi difabel dalam membantu difabel untuk memahami dirinya sesuai ajaran agama Islam. Penelitian ini di latarbelakangi banyaknya difabel di Rowosari sehingga memperlukan bimbingan keagamaan untuk difabel tersebut. Fokus kajian dalam penelitian ini adalah pelaksanaan bimbingan keagamaan di Komunitas Difabel Ar-rizki Rowosari dan faktor penghambat dan pendukung bimbingan keagamaan terhadap difabel di komunitas difabel Ar-rizki Rowosari.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dengan obyek penelitiannya adalah pembimbing dan difabel di komunitas Ar-rizki Kelurahan Rowosari Kecamatan Tembalang Semarang. Selain itu pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Selanjutnya analisis data dilakukan dengan tiga langkah dalam penelitian, yaitu: reduksi data (Data Reduction) , penyajian data (Data Display) dan verifikasi atau kesimpulan data (Conslusing Drawing).
Hasil penelitian ini menunjukkan antara lain : (1) Pelaksanaan bimbingan keagaaman di Komunitas Ar-rizki Kelurahan Rowosari Kecamatan Tembalang Semarang dilakukan seminggu dua kali yaitu hari rabu dan minggu. Materi bimbingan yang diberikan adalah materi aqidah seperti menjelaskan yang berkaitan dengan rukun iman dan menjelaskan adanya Allah, materi akhlak yaitu tentang bagaimana difabel tersebut berperilaku sesuai norma-norma agama dan materi syari’ah atau keislaman meliputi tata cara sholat, wudhu, baca tulis Al-Qur’an. Sedangkan metode yang digunakan metode langsung yaitu metode kelompok dimana semua difabel dikumpulkan untuk mendapatkan bimbingan keagamaan dari pembimbing. Yang kedua adalah metode tidak langsung yaitu pembimbing melakukan pengamatan melalui grub whatsapp dari orangtua difabel atau telepon. Fungsi bimbingan keagamaan dalam penelitian ini adalah fungsi pencegahan ini diwujudkan dengan pemberian ilmu pengetahuan agama, fungsi kuratif yaitu membantu difabel memecahkan permasalahan yang sedang dihadapi contohnya ketika difabel merasa putus asa dengan keadaan dirinya. Fungsi pengentasan yaitu bertujuan agar difabel mampu menjaga situasi dan kondisi saat mengalami permasalahan. Fungsi pengembangan dalam penelitian ini adalah pemberian bantuan berupa pemeliharaan dan pengembangan kondisi dari difabel tersebut agar lebih baik. (2) faktor pendukung dari bimbingan keagamaan ini adalah adanya pembimbing, rasa ingin tahu difabel seperti ketika difabel belum paham yang dijelaskan pembimbing difabel langsung menanyakan kepada pembimbing, orangtua difabel yang menyediakan tempat dan kerjasama dari organisasi luar. Sedangkan faktor penghambat adalah perbedaan kondisi kecacatan anggota difabel yang berbeda-beda seperti tunarungu, tunadaksa, dan tunawicara. Kedua, keterbatasan pembimbing dengan jumlah anggota difabel 39 orang, keterbatasan media pembelajaran, tidak adanya transportasi untuk menjemput difabel karena tempat kegiatan yang cukup jauh.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan keagamaan; Komunitas difabel; Tunadaksa
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Poerwanto Pwt
Date Deposited: 19 Apr 2020 02:24
Last Modified: 19 Apr 2020 02:24
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11220

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics