Pengaruh profitabilitas, likuiditas dan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dengan pendekatan Islamic social reporting pada bank umum syariah tahun 2015-2018

Nur Baiti, Septi Vivia (2020) Pengaruh profitabilitas, likuiditas dan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dengan pendekatan Islamic social reporting pada bank umum syariah tahun 2015-2018. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of NIM_1605036022_Skripsi]
Preview
Text (NIM_1605036022_Skripsi)
NIM_1605036022_Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Abstrak:
Corporate Social Responsibility (CSR) adalah sebuah konsep yang mendorong perusahaan untuk berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan serta membantu perusahaan untuk melakukan praktik bisnis yang transparan. Melalui program CSR perusahaan dapat menunjukkan bahwa dalam menjalankan kegiatan bisnisnya mereka tidak hanya berfokus pada kepentingan para pemegang saham, akan tetapi juga pemangku kepentingan lainnya. Pengungkapan CSR adalah sebuah laporan yang dibuat oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan informasi-informasi tentang aktivitas sosial yang telah dilakukan oleh perusahaan.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada Bank Umum Syariah dengan menggunakan pendekatan Islamic Social Reporting (ISR). Variabel independen dalam penelitian ini adalah profitabilitas, likuiditas dan ukuran perusahaan. Sementara itu, variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah indeks ISR. Indeks ISR berisi gabungan item-item standar CSR yang ditetapkan oleh AAOIFI (Accounting and Auditing Organization for Islamic Financial Institution).
Jenis data dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diambil dari laporan tahunan dan/atau laporan keberlanjutan yang dipublikasikan secara resmi oleh masing-masing perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah Bank Umum Syariah di Indonesia periode 2015-2018. Pengambilan sampel data dilakukan menggunakan metode purposive sampling dan didapat 11 (sebelas) sampel Bank Umum Syariah. Data selanjutnya diuji menggunakan metode kuantitatif dengan teknik regresi linear berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari tiga variabel independen yang digunakan dalam penelitian, hanya satu variabel yang menunjukkan pengaruh positif dan signifikan terhadap indeks ISR, yaitu variabel ukuran perusahaan. Sementara itu, berdasarkan hasil pengujian variabel profitabilitas menunjukkan pengaruh yang positif dan tidak signifikan terhadap indeks ISR, sedangkan variabel likuiditas menunjukkan pengaruh yang negatif dan tidak signifikan terhadap indeks ISR

ABSTRACT:

Corporate Social Responsibility is a concept that encourages companies to contribute to the sustainable development and help companies to conduct transparent business practices. Through CSR programs, the company can shows that in carrying out their business activities they not only focus on the benefit of the shareholders, but also other stakeholders. Disclosure of CSR is a report made by the company to communicate information about social activities that have been carried out by the company.
This study aims on analyzing the disclosure of Corporate Social Responsibility (CSR) at Islamic Commercial Banks using Islamic Social Reporting (ISR) approach. The independent variables in this study are profitability, liquidity and company size. Meanwhile, the dependent variable used in this study is the ISR index. The ISR index contains a combination of CSR standard items which set by the AAOIFI (Accounting and Auditing Organization for Islamic Financial Institution).
The type of data in this research is secondary data which taken from annual reports and / or sustainability reports. The population in this study is Sharia Commercial Banks in Indonesia in 2015-2018 period. Sampling of data is done using a purposive sampling method and 11 (eleven) samples of Islamic Commercial Banks are obtained. Data were then tested using a quantitative method with multiple linear regression techniques.

Based on the results of testing, the company size shows a positive and significant effect to the ISR index. Meanwhile, the profitability variable showed a positive and not significant effect on the ISR index, while the liquidity variable showed a negative and not significant effect to the ISR index.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility (CSR); Bank umum syariah; Profitabilitas; Likuiditas; Ukuran perusahaan; Islamic social reporting
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 170 Ethics (Moral philosophy) > 174 Occupational ethics
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61206 - Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 20 Apr 2020 12:41
Last Modified: 11 Jun 2021 07:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11225

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics