Pengaruh menonton sinetron Bidadari 3 terhadap agresivitas pada remaja Islam di Kecamatan Tembalang Kota Semarang

Yulianti, Vita (2006) Pengaruh menonton sinetron Bidadari 3 terhadap agresivitas pada remaja Islam di Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 1100028_vita_skripsi]
Preview
Text (1100028_vita_skripsi)
1100028_VITA_YULIANTI_SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengaruh Menonton Sinetron Bidadari 3 terhadap Agresivitas Pada Remaja Islam di Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Skripsi. Semarang Fakultas Dakwah IAIN Walisongo, 2006.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengaruh menonton sinetron Bidadari 3 terhadap agresivitas pada remaja Islam kecamataan Tembalangg kota Semarang.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitaif, yaitu suatu penelitian yang lebih menekankan analisisnya pada data-data numerikal (angka) yang diolah dengan metode statistika. Berhubung jumlah remaja di kecamatan Tembalang kota Semarang yang beragama Islam dan yang menonton sinetron Bidadari 3 diperkirakan ada 1000 orang maka peneliti mengambil remaja yang Islam sebanyak 1000 orang. Dengan mendasarkan pendapat Arikunto, maka penelitian mengambil 10 % dari jumlah populasi, sehingga responden berjumlah 100 orang remaja. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus regresi satu prediktor dengan langkah-langkah: mencari korelasi antara kriterium dengan prediktor, menguji signifikansi, mencari persamaan garis regresi dan mencari anova (analisis varians garis regresi).
Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa menonton sinetron Bidadari 3 dalam kategori “cukup aktif”. Hal ini ditunjukkan dari nilai rata-rata sebesar 47,62 yang terletak pada interval 46-51, sedangkan agresivitas remaja pada remaja Islam di kecamatan Tembalang kota Semarang dalam kategori “cukup agresif”. Hal ini ditunjukkan dari nilai rata-rata sebesar 49,69 yang terletak pada interval 48-53.
Berdasarkan analisis uji hiptesis melalui rumus regresi diketahui, bahwa ada pengaruh yang signifikan antara menonton sinetron Bidadari 3 terhadap agresivitas pada remaja Islam di kecamatan Tembalang kota Semarang. Hal ini ditunjukkan dari nilai koefisien korelasi dengan menggunakan rumus product moment dari Pearson sebesar 0,460 Sehingga pada taraf signifikan 5% didapatkan rt adalah 0,195 dan taraf signifikan 1% didapatkan rt adalah 0,256. Karena, rxy > rt, maka hasilnya signifikan, persamaan garis regresi garis linear regresinya adalah Ŷ = 0, 489 x + 26,395. Sementara itu, dari uji variansi garis regresi (anova) untuk mencari nilai Freg diketahui nilainya sebesar 26,315. Setelah dicocokkan pada tabel F, maka diketahui, bahwa Freg > dari Ft baik pada taraf signifikansi 5%, yaitu 1,97 dan taraf signifikansi 1 %, yaitu 2,59. Karena, Freg > Ft, maka hasilnya juga menunjukkan signifikan. Atas dasar inilah, maka hipotesis yang diajukan diterima. Artinya semakin aktif/baik menonton sinetron Bidadari 3, maka semakin rendah pula agresivitas remaja Islam di kecamatan Tembalang kota Semarang. Namun demikian sebaliknya, semakin kurang aktif menonton sinetron Bidadari 3, maka semakin tinggi agresivitas pada remaja Islam di kecamatan Tembalang kota Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Agresivitas; Remaja Islam; Sinetron
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 384 Communications Telecommunication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 18 Jun 2020 01:12
Last Modified: 18 Jun 2020 01:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11230

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics