Pengaruh menonton tayangan sinema hidayah di Trans TV pada perilaku keagamaan pemirsa : studi kasus terhadap remaja di Desa Ngambakrejo Kec. Tanggungharjo Kab. Grobogan

Muslim, Muslim (2009) Pengaruh menonton tayangan sinema hidayah di Trans TV pada perilaku keagamaan pemirsa : studi kasus terhadap remaja di Desa Ngambakrejo Kec. Tanggungharjo Kab. Grobogan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of Skripsi_1102159_Muslim]
Preview
Text (Skripsi_1102159_Muslim)
1102159_MUSLIM_SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian dengan judul Pengaruh Menonton Tayangan Sinema Hidayah di Trans TV pada Perilaku Keagamaan Pemirsa (Studi Kasus Terhadap Remaja di Desa Ngambakrejo Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan, bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh menonton sinema hidayah di Trans TV terhadap perilaku keagamaan remaja di Desa Ngambakrejo Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, yang menekankan pada data-data angka yang diolah dengan metode statistik, dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi. Dalam hal ini yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah rumus regresi dengan skala skor kasar satu predictor yang menggunakan penghitungan manual yang hasilnya disamakan dengan menggunakan program SPSS.

Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa remaja di Desa Ngambakrejo yang menonton tayangan Sinema Hidayah di Trans TV dalam kategori cukup aktif. Hal ini ditunjukkan dari nilai rata-rata 38,78.
Berdasarkan analisis melalui regresi diketahui bahwa ada pengaruh menonton tayangan Sinema Hidayah di Trans TV terhadap perilaku keagamaan remaja di Desa Ngambakrejo Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan. Hal ini sesuai uji hipotesis garis regresi untuk mencari nilai Freg di ketahui nilainya sebesar 16,384, setelah dicocokkan pada table Ft, maka diketahui bahwa Freg > Ft, hasilnya menunjukkan signifikan. Atas dasar inilah maka hipotesis yang diajukan dapat diterima pada taraf signifikansi 1% yaitu 16,384 > 6,85. ini berarti menunjukkan bahwa menonton tayangan sinema hidayah di Trans TV pada perilaku keagamaan remaja di Desa Ngambakrejo Kecamatan Tanggungharjo Kabupaten Grobogan menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perilaku keagamaan; Remaja; Pemirsa televisi; Program televisi; Sinetron religi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 204 Religious experiences, life, practice
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 384 Communications Telecommunication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 18 Jun 2020 05:07
Last Modified: 18 Jun 2020 05:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11232

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics