Pesan dakwah dalam skenario sinetron Demi Masa : analisis terhadap episode 1- 4

Robiana, Robiana (2008) Pesan dakwah dalam skenario sinetron Demi Masa : analisis terhadap episode 1- 4. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_1101023_robiana]
Preview
Text (skripsi_1101023_robiana)
1101023_ROBIANA_SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sebuah sajian sinetron tentu tidak akan lepas dari elemen-elemen yang membentuknya. Salah satu elemen tersebut adalah skenario naskah yang menjadi acuan dan panduan bagi kru, khususnya para pemain, dalam memerankan tokoh. Berkaitan dengan masalah yang berhubungan dengan skenario sinetron, terutama sinetron yang di dalamnya terkandung nilai-nilai religius, ada suatu permasalahan yang cukup menarik untuk mengetahui kaitan pesan dakwah dalam skenario sinetron tersebut.
Latar belakang di atas, telah memberikan inspirasi bagi penulis (Robiana; 1102023) untuk melakukan penelitian dengan judul “Pesan Dakwah dalam Skenario Sinetron Demi Masa (Analisis terhadap Episode 1-4)” bertujuan untuk mengetahui pesan dakwah dan gaya ekspresi dakwah dalam skenario sinetron "Demi Masa" episode 1-4.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan wawancara. Sedangkan proses analisis dilakukan dengan berdasarkan pada pendekatan content analysis dengan teknik kategorisasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pesan dakwah dalam skenario sinetron "Demi Masa" episode 1-4 dapat dikelompokkan ke dalam tiga bidang, yaitu akidah, syari'ah, dan akhlak. Materi akidah yang ada dalam skenario sinetron "Demi Masa" episode 1-4 memiliki dua sub materi, yaitu pertama, nilai keimanan kepada Allah. Kedua, nilai keimanan kepada takdir Allah; . Materi syari'ah berisi tentang syari'ah dalam memperlakukan harta benda dan menjaga keseimbangan hidup di dunia dan di akhirat, dan tentang taubat. Materi akhlak meliputi akhlak manusia kepada Allah, akhlak manusia dengan sesama manusia dan akhlak manusia terhadap lingkungan.
Sedangkan ekspresi pesan dakwah dalam skenario sinetron "Demi Masa" episode 1-4 lebih didominasi oleh ekspresi taklim dan tarbiyah yang banyak digunakan untuk menerangkan dan menegaskan hal-hal yang berkaitan dengan pengetahuan ajaran agama Islam secara teoritis. Selain itu juga, ekspresi targhib dan tabsyir yang digunakan untuk menyampaikan dalam memberi dorongan kepada umat manusia untuk kembali ke jalan kebenaran. Terakhir, ekspresi tarhib dan indzar yang lebih terpusat pada pesan dakwah yang mengingatkan manusia akan kelalaian-kelalaian yang sering terjadi dalam kehidupan manusia seperti: sikap syukur dalam menerima nikmat Allah SWT.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media dakwah; Pesan dakwah; Sinetron; Program televisi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 384 Communications Telecommunication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 19 Jun 2020 02:40
Last Modified: 19 Jun 2020 02:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11237

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics