Pesan-pesan dakwah dalam Serat Sabda Jati : kajian teks terhadap Buku Lima Karya Pujangga Ranggawarsita karya Kamajaya

Nurwibowo, Dasid (2008) Pesan-pesan dakwah dalam Serat Sabda Jati : kajian teks terhadap Buku Lima Karya Pujangga Ranggawarsita karya Kamajaya. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_1101025_dasid_nurwibowo]
Preview
Text (skripsi_1101025_dasid_nurwibowo)
1101025_DASID_NURWIBOWO.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemajuan suatu bangsa dari segi budaya, tidak karena keasliannya, melainkan karena kemampuannya beradaptasi dan kemampuannya mencerna unsur-unsur kemajuan dari peradaban mana saja. Hal ini dapat diketahui dari nenek moyang kita di zaman pra-ilmiah yang sangat bagus mencerna, dan mengadaptasikan unsur luar itu seperti pakaian, bercocok tanam, perumahan, budaya dan agama. Sampai sekarang universalitas Islam justru muncul dalam berbagai wajah, seperti postradisionalisme Islam dan neomodernisme. Pada kondisi demikian, karya Raden Ngabehi Ranggawarsita selalu menemukan pijakan yang kuat, yaitu; keterbukaan kaum beragama di Indonesia yang mudah menerima perspektif alternatif sejalan dengan agama mereka (khususnya Islam).
Islam-Jawa merupakan pertemuan menarik yang menyatukan kepercayaan umat (Islam) dan tradisi lokal (Jawa) yang memiliki karakteristik khas, sebagaimana terlihat dalam produk kebudayaan Jawa-Islam yang ditulis oleh pujangga terbesar Jawa; Raden Ngabehi Ranggawarsita berupa Serat Sabda Jati.
Pokok permasalahan yang menjadi fokus penelitian skripsi ini adalah apa pesan dakwah yang terkandung dalam Serat Sabda Jati (Kajian Teks Terhadap Buku Lima Karya Pujangga Ranggawarsita Karya Kamajaya).
Penelitian ini termasuk dalam library research (penelitian kepustakaan), data-datanya diperoleh dari dokumen-dokumen yang berhubungan dengan Serat Sabda Jati, baik buku, majalah, manuskrip-manuskrip atau dokumen lain yang berhubungan dengan obyek penelitian. Sehingga dalam proses pengumpulan data penulis menggunakan metode dokumentasi. Untuk memperoleh hasil penelitian yang komprehensif penulis menggunakan analisis kualitatif yakni penelitian yang berusaha untuk mengembangkan konsep dan pemahaman serta kepekaan peneliti terhadap suatu objek yang diteliti. Sementara pendekatan yang penulis gunakan adalah pendekatan deskriptif.
Setelah meneliti, membahas dan menganalisis Serat Sabda Jati karya Raden Ngabehi Ranggaarsia, penulis memperoleh pesan-pesan dakwah yang terdapat dalam Serat Sabda Jati, yakni pesan akidah dan pesan akhlak. Dalam pesan akidah terdapat ajaran tentang perintah percaya kepada Tuhan, ajaran tentang adanya pertolongan Tuhan dan ajaran tentang larangan menyekutukan Allah serta larangan untuk tidak mengikuti jejak dan langkah setan/iblis. Sedangkan dalam pesan akhlak, Raden Ngabehi Ranggawarsita mengajak kepada kita untuk senantiasa bersikap rendah diri, mawas diri dan selalu introspeksi diri. Selain itu kita juga diajak untuk selalu bersikap sabar dalam menghadapi segala sesuatu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pesan dakwah; Islam dan budaya Jawa
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 22 Jun 2020 01:31
Last Modified: 22 Jun 2020 01:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11245

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics