Pesan-pesan dakwah TM. Hasbi Ash-Shiddieqy dalam buku Al-Islam jilid I

Murtadho, Murtadho (2008) Pesan-pesan dakwah TM. Hasbi Ash-Shiddieqy dalam buku Al-Islam jilid I. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_1101033_murtadho]
Preview
Text (skripsi_1101033_murtadho)
1101033_MURTADHO_SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Islam adalah agama yang menugaskan umatnya untuk menyebarkan dan menyiarkan Islam kepada seluruh umat manusia sebagai rahmatan li al- âlamîn. Dakwah Islamiyah adalah menyampaikan seruan Islam, mengajak dan memanggil umat manusia agar menerima dan mempercayai keyakinan dan pandangan hidup Islam. Yang menjadi rumusan masalah yaitu apa pesan-pesan dakwah TM. Hasbi ash-Shiddieqy dalam buku al-Islam Jilid I?
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan pendekatan kepustakaan (library research). Sumber datanya yaitu buku yang ditulis TM.Hasbi Ash Shiddieqy, yang berjudul "al-Islam"; Mutiara-Mutiara Hadis; Pengantar Ilmu Tauhid; Soal Jawab Agama. Data sekundernya yaitu sejumlah kepustakaan yang relevan dengan skripsi ini namun sifatnya hanya pendukung. Spesifikasi penelitian ini adalah penelitian deskriptif analisis. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi atau studi dokumenter dan analisis data menggunakan metode deskriptif analisis yakni penyelidikan yang menuturkan, menganalisa, mengklasifikasi dan menafsirkan data-data yang ada agar jelas keadaan dan kondisinya.
Hasil dari pembahasan menunjukkan bahwa pesan dakwah TM. Hasbi Ash Shiddieqy mengandung pesan akidah dan akhlak. Akidah meliputi di dalamnya: a. Iman kepada Allah; b. Iman kepada Malaikat-Nya; c. Iman kepada Kitab-kitab-Nya; d. Iman kepada Rasul-rasul-Nya; e. Iman kepada hari akhir; f. Iman kepada qadha-qadhar. Akhlak meliputi pesan di dalamnya tentang akhlak terhadap Rasulullah antara lain mencintai Rasul secara tulus dengan mengikuti semua sunnahnya, menjadikan Rasul sebagai idola, suri tauladan dalam hidup dan kehidupan, menjalankan apa yang disuruhnya, tidak melakukan apa yang dilarang. Akhlak terhadap orang tua antara lain mencintai mereka melebihi cinta pada kerabat lainnya, merendahkan diri kepada keduannya, berkomunikasi dengan orang tua dengan hikmat, berbuat baik kepada Bapak Ibu, mendoakan keselamatan dan keampunan bagi mereka. Akhlak terhadap diri sendiri antara lain memelihara kesucian diri, menutup aurat, jujur dalam perkataan dan perbuatan, ikhlas, sabar, rendah diri, malu melakukan perbuatan jahat. Buku karya TM. Hasbi Ash Shiddieqy yang berjudul al-Islam jilid I ini merupakan salah satu bentuk tanggapan seorang ulama terhadap beragam perkembangan sosial. Selama ini TM. Hasbi Ash Shiddieqy lebih dikenal sebagai ahli fikih. Buku "al-Islam Jilid I" ini menampilkan sisi lain dari pemikiran TM. Hasbi Ash Shiddieqy. Buku ini mengupas berbagai persoalan kehidupan mulai dari masalah akidah/keimanan, sampai akhlaq al-karimah yang dikemas dalam corak ke Islaman. Namun seluas apapun persoalan itu, agama seperti diuraikan dalam buku tersebut tetap tiga unsur pokok, yaitu itikad (iman), akhlaq (moral), dan amal saleh (berbuat kebajikan). Dalam buku ini TM. Hasbi Ash Shiddieqy menguraikan konsep dinul Islam yang meliputi tiga hal: 1. Konsep Akidah/Keimanan atau Tauhid; 2. konsep akhlak al-karimah/moral; 3. konsep Amal Shalih.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pesan dakwah; Materi dakwah; Media dakwah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 22 Jun 2020 01:38
Last Modified: 22 Jun 2020 01:38
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11246

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics