Metode dakwah Habib Luthfi Ali bin Yahya di Radio Abirawa 106.20 MHz Batang

Farida, Ida (2008) Metode dakwah Habib Luthfi Ali bin Yahya di Radio Abirawa 106.20 MHz Batang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_1101057_ida_farida]
Preview
Text (skripsi_1101057_ida_farida)
1101057_IDA_FARIDA_SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dakwah Islam adalah setiap upaya positif baik yang berupa aktivitas lisan, tulisan, perbuatan maupun ketetapan guna meningkatkan taraf hidup manusia dan nilainya sesuai dengan tuntunan hidupnya dan mengacu kepada konsep kehidupan yang ditetapkan Tuhan atas mereka. Selain itu dakwah juga merupakan usaha mengerakkan pikiran dan perbuatan manusia untuk menyampaikan din al-Islam kepada manusia, yang menjadikan Islam sebagai rahmat bagi alam semesta.
Dalam penyampaian dakwah ada berbagai macam media yang dapat digunakan untuk sarana dakwah diantaranya yaitu Radio, Radio merupakan media komunikasi yang mempunyai sifat auditif yang hanya bisa didengar tetapi murah, merakyat dan bisa dibawa atau didengarkan dimana-mana dan bisa didengar oleh semua lapisan. Selain itu Radio juga dapat membuat audiens tidak terlalu susah untuk mendapatkan informasi atau harus hadir dalam suatu majlis ilmu untuk mendapatkan pengetahuan. Demikian pula dengan Habib Luthfi, dalam dakwahnya beliau memanfaatkan Radio Abirawa Batang sebagai sarana penyampaian atau menyiarkan dakwah yaitu dalam program acara Mutiara Hikmah Spesial yang disiarkan setiap hari kamis dari pukul14.00 sampai pukul15.00 dengan tujuan untuk memberikan wawasan keagamaan bagi pendengar dan penikmat Radio Abirawa Batang, karena Radio menggunakan komunikasi satu arah, maka dalam dakwahnya Habib Luthfi mempertimbangkan aspek materi menjadi substansi informasi dalam proses komunikasi, yang pesan dakwahnya dapat diterima dengan mudah oleh audiens.
Dengan demikian tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana metode dakwah Habib Luthfi Ali bin Yahya di Radio Abirawa 106.20 MHZ Batang dalam program acara Mutiara Hikmah Spesial yang disiarkan setiap hari Kamis pada pukul 14.00 sampai 15.00 WIB selama dua bulan, dengan menggunakan metode mauidloh hasanah yaitu berdakwah dengan memberikan nasihat-nasihat atau menyampaikan ajaran-ajaran Islam dengan rasa kasih sayang, sehingga nasihat dan ajaran Islam yang disampaikan itu dapat menyentuh hati para pendengar . Dan metode tidak langsung beliau berdakwah dengan cara mengadakan kontak kepada masyarakat atau pendengar secara tidak langsung dengan menggunakan alat perantara yaitu media massa Radio. Sedangkan metode penelitian ini adalah dengan mengkategorikan jenis penelitian kualitatif untuk memperoleh data, dan penulis menggunakan metode dokumentasi untuk mengetahui sejarah Radio Abirawa Batang. Selain itu penulis menggunakan metode wawancara kepada Habib Luthfi Ali bin Yahya untuk memperoleh data tentang Biografi Habib Luthfi Ali bin Yahya, karakteristik pemikiran beliau yang meliputi, tujuan, materi, media, dan metode dakwahnya, selain itu juga untuk mengetahui konsep dakwah menurut beliau. Setelah data-data terkumpul kemudian penulis analisis dengan analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian ini adalah mengetahui cara metode yang digunakan Habib Luthfi Ali bin Yahya dalam menyampaikan dakwahnya di Radio Abirawa Batang dalam program acara Mutiara Hikmah Spesial yang disiarkan setiap hari Kamis pada pukul 14.00 sampai pukul 15.00 WIB selama dua bulan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode dakwah; Media dakwah; Dakwah melalui radio; Program radio
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 384 Communications Telecommunication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 22 Jun 2020 03:07
Last Modified: 22 Jun 2020 03:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11248

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics