Strategi dakwah Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung Semarang dalam membangun generasi khaira ummah di kampus Unissula

Arifianto, Heru Dwi (2008) Strategi dakwah Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung Semarang dalam membangun generasi khaira ummah di kampus Unissula. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_1101081_heru_dwi_arifianto]
Preview
Text (skripsi_1101081_heru_dwi_arifianto)
1101081_HERU_DWI_ARIFIANTO_SKRIPSI.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nama : Heru Dwi Arifianto, 1101081. Judul: Strategi Dakwah Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung Semarang Dalam Membangun Generasi Khaira Ummah Di Kampus UNISSULA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Dakwah yayasan serta bagaimana Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung dalam membangun generasi khaira ummah, dan untuk mengetahui implementasi strategi dakwah Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung dalam membangun generasi khaira ummah.
Penelitian ini mendiskripsikan tentang kegiatan-kegiatan dakwah yang diselenggarakan oleh yayasan badan wakaf sultan agung, baik dalam bidang sosial , pendidikan maupun keagamaan dan sebagai lembaga organisasi, Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung Semarang, membuat suatu konsep strategi dakwah dalam membangun generasi Khaira Ummah yaitu dengan cara 1. Budaya Akademik Islami (Budai), 2. Lapangan pengabdian dengan konsep budaya akademik Islami dan lapangan pengabdian Insya Allah dapat mencetak generasi Khaira Ummah yang paham betul tentang ilmu pengetahuan dan nilai-nilai agama. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif sebagai tehnik analisis data dan menggunakan pendekatan manajemen. Penelitian ini menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi sebagai pengumpulan data. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif, sehingga akan menghasilkan data diskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati.
Hasil penelitian tentang Kegiatan Dakwah yang diselenggarakan Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung Semarang dapat dikategorikan menjadi dua sasaran, yakni 1. Internal yayasan (semua pengurus dan karyawan). 2. Eksternal yayasan (masyarakat kampus UNISSULA) yang kegiatan utamanya dikosentrasikan dalam beberapa bidang, yakni bidang kesejahteraan sosial, bidang peningkatan sumber daya manusia, bidang peningkatan keagamaan. Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung Semarang juga memberikan arahan kepada seluruh anggota pengurus lewat proses kegiatan penggerakan dakwah yang didasarkan pada dua kategori yakni kebutuhan fisiologi (jasmani) dan kebutuhan psikologi (rohani).
Berdasarkan hasil penelitian tersebut diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, civitas akademika fakultas dakwah IAIN Walisongo, masyarakat, lembaga-lembaga sosial dakwah semua maupun pihak atau instansi yang terkait.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi dakwah; Kampus; Perguruan tinggi Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 22 Jun 2020 03:21
Last Modified: 20 May 2021 04:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11250

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics