Pengaruh attachment antara pengasuh dan anak asuh terhadap keberagamaan di Panti Asuhan Rohadi Kaliwungu-Kendal

Nuramanah, Atik (2008) Pengaruh attachment antara pengasuh dan anak asuh terhadap keberagamaan di Panti Asuhan Rohadi Kaliwungu-Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_1101150_atik_nuramanah]
Preview
Text (skripsi_1101150_atik_nuramanah)
1101150_ATIK_NURAMANAH_SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengaruh Attachment Antara Pengasuh dan Anak Asuh Terhadap Keberagamaan di Panti Asuhan Rohadi Kaliwungu-Kendal. Skripsi. Atik Nur’amanah Semarang Fakultas Dakwah IAIN Walisongo, 2008. Kajian dalam penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Attachment antara pengasuh dan anak asuh terhadap keberagamaan di Panti Asuhan Rohadi Kaliwungu-Kendal. Dua variabel utama dalam penelitian ini adalah Attachment dan perilaku keagamaan anak. Attachment difokuskan lima aspek, yaitu: kasih sayang, pelekatan, relasi, kaitan dan ketergantungan, begitu juga dengan perilaku keagamaan anak terdiri dari lima aspek, yaitu: keyakinan, peribadatan, pengalaman, pengetahuan, dan pengalaman.
Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh positif antara Attachment terhadap peningkatan perilaku keagamaan anak, khususnya di Panti Asuhan Rohadi Kaliwungu-Kendal.
Subyek dalam penelitian ini adalah anak yang berumur 12-14 tahun, yang berjumlah 30 anak sebagai populasi, terdiri dari 16 anak laki-laki dan 14 anak perempuan. Karena subyeknya kurang dari 100 maka diambil semua sehingga penelitiannya merupakan penelitian populasi. Data yang diperoleh dari angket yang disebarkan kepada responden, berupa angket tertutup yang berbentuk rating scale.
Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi 1 prediktor dengan skor kasar. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif antara Attachment terhadap peningkatan perilaku keagamaan anak, 2) hubungan positif tersebut ditunjukkan oleh nilai frekuensi = 12,876, lebih besar dibandingkan dengan frekuensi pada taraf signifikan 5% = 4,17, ataupun pada taraf signifikan 1% = 7,56, maka hipotesisnya diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Keberagamaan; Anak asuh; Pengasuh; Panti asuhan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 23 Jun 2020 01:57
Last Modified: 23 Jun 2020 01:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11255

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics