Muatan dakwah dalam film arsitek-arsitek di alam

Mutmainnah, Mutmainnah (2008) Muatan dakwah dalam film arsitek-arsitek di alam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_1101151_mutmainnah]
Preview
Text (skripsi_1101151_mutmainnah)
1101151_MUTMAINNAH_SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini menuntut adanya inisiatif dakwah yang bersifat instrumentalis. Suatu kegiatan komunikasi keagamaan tidak harus dilakukan dengan perangkat yang konservatif dengan cara-cara yang tradisional, artinya dakwah di tuntut agar di kemas dengan terapan media komunikasi yang sesuai dengan perkembangan atau kondisi mad’u. Sebab pada gilirannya, upaya penyebaran pesan-pesan keagamaan itu harus mampu menawarkan satu alternatif dalam membangun dinamika masa depan umat, dengan menempuh cara dan strategi yang lentur, kreatif, dan bijak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui muatan dakwah dalam film Arsitek-arsitek di Alam. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis teks. Analisis teks digunakan peneliti untuk menjelaskan dan menginterpretasikan karakteristik-karakteristik pesan yang terekam atau tervisualisasikan.
Dalam penelitian ini menemukan bahwa dalam film Arsitek-arsitek di alam ini terdapat muatan dakwah yang sangat penting yaitu muatan akidah dan muatan akhlaq. Muatan akidah dapat kita lihat dari anjuran film tersebut agar kita melihat bukti-bukti kalau allah itu ada dan maha Kuasa melalui makhluk-makhluk yang ada dalam film tersebut. Dan materi yang kedua yaitu akhlaq diantaranya mengajak kita untuk selalu bekerjasama, bekerja keras, sabar, waspada, teliti mencontoh yang baik dan merencanakan sesuatu sebelum melaksanakannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Materi dakwah; Media dakwah; Film
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 23 Jun 2020 02:08
Last Modified: 23 Jun 2020 02:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11256

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics