Konsep dakwah terhadap orang-orang non muslim (yang beragama lain) menurut Jalaluddin Rakhmat dalam buku "Islam dan Pluralisme"

Khotijah, Khotijah (2008) Konsep dakwah terhadap orang-orang non muslim (yang beragama lain) menurut Jalaluddin Rakhmat dalam buku "Islam dan Pluralisme". Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_1101169_khotijah]
Preview
Text (skripsi_1101169_khotijah)
1101169_KHOTIJAH_SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Islam merupakan agama yang paling toleran, Islam tidak membenarkan meng-klaim agama lain tidak benar tetapi dalam kenyataannya banyak peristiwa perpecahan antar agama yang dipicu oleh keyakinan yang keliru terhadap agama, dengan klaim agamaku sebagai agama yang paling benar. Yang menjadi perumusan masalah yaitu bagaimanakah konsep dakwah terhadap orang-orang non muslim (yang beragama lain) menurut Jalaluddin Rakhmat dalam buku "Islam dan Pluralisme"? Penelitian skripsi ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, sedangkan pendekatan yang digunakan adalah filosofis dengan memahami substansi konsep Jalaluddin Rakhmat. Sumber datanya yaitu: berupa literatur dari karya-karya Jalaluddin Rakhmat yaitu " Islam dan Pluralisme". Metode analisis data menggunakan metode content analysis berangkat dari aksioma bahwa studi tentang proses dan isi pesan komunikasi.
Hasil pembahasan menunjukkan bahwa sudah saatnya bagi para dai Islam untuk mengetahui bahwa mereka tidak dituntut untuk mengislamkan orang-orang yang beragama selain Islam. Mereka tidak berhak mengklaim bahwa selain orang Islam akan masuk neraka, karena kunci-kunci surga bukan di tangan mereka. Sikap seperti itu merupakan pelanggaran keras terhadap wewenang Allah, Yang dituntut dari para: dai, setelah Al-Qur'an mengatakan: "Wahai orang-orang yang beriman diri kalian adalah tanggung jawab kalian. Orang yang tersesat tidak akan membahayakan kalian ketika kalian mendapat petunjuk," (Q.S. al-Maidah:105) adalah menjadi 'saksi atas manusia". Para dai hanya bertugas memperkenalkan Islam kepada mereka kemudian menyerahkan segalanya kepada mereka. Urusan kontroversi agama tidak hanya menyangkut iman dan teori. Ini juga menyangkut hubungan sosial dan konsekuensi-konsekuensi selanjutnya. Hidayah hanya datang dari Allah, bukan dari seorang rasul. Pluralisme tidak semata menunjukkan pada kenyataan tentang adanya kemajemukan. Namun yang dimaksud adalah keterlibatan aktif terhadap kenyataan kemajemukan tersebut. Pluralisme agama dapat dijumpai di mana-mana, tapi seseorang baru dapat dikatakan menyandang sifat pluralis apabila ia berinteraksi positif dalam lingkungan kemajemukan tersebut. Dengan kata lain, pengertian pluralisme agama adalah bahwa tiap pemeluk agama dituntut bukan saja mengakui keberadaan dan hak agama lain, akan tetapi terlibat dalam usaha memahami perbedaan dan persamaan guna tercapainya kerukunan, dalam kebhinekaan. Karena itu untuk mewujudkan dan mendukung pluralisme, diperlukan adanya toleransi. Dalam hubungannya dengan pelaksanaan dakwah, bahwa pluralisme dan toleransi beragama dalam hubungannya antara umat seagama dapat dilakukan dengan berupaya agar mad'u memahami bahwa perbedaan pendapat dalam aliran dan mazhab merupakan sesuatu yang tidak bisa dihindari. Dengan demikian tidak bisa satu aliran atau mazhab meng-klaim sebagai yang paling benar. Sedangkan pelaksanaan dakwah dalam hubungannya antar umat beragama, maka dakwah diupayakan untuk meyakinkan mad'u bahwa dalam beragama harus menghargai dan menghormati agama yang berbeda karena Nabi Muhammad pun sangat menghargai agama lain selain Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Konsep dakwah; Media dakwah; Non-muslim
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 23 Jun 2020 02:23
Last Modified: 23 Jun 2020 02:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11258

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics