Penerapan fungsi-fungsi manajemen dakwah dalam meningkatkan pelayanan kebutuhan sepiritual jamaah di Masjid Agung Kendal

Indrawati, Yuni (2008) Penerapan fungsi-fungsi manajemen dakwah dalam meningkatkan pelayanan kebutuhan sepiritual jamaah di Masjid Agung Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_1101176_yuni_indrawati]
Preview
Text (skripsi_1101176_yuni_indrawati)
1101176_YUNI_INDRAWATI_SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nama: Yuni Indrawati; Judul Penerapan Fungsi-Fungsi Manajemen Dakwah Dalam Meningkatkan Pelayanan Kebutuhan Sepiritual Jamaah Di Masjid Agung Kendal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui bagaimana bentuk pelayanan kebutuhan spiritual jama’ah di Masjid Agung Kendal, (2) Untuk mengetahui penerapan fungsi-fungsi manajemen dalam meningkatkan pelayanan kebutuhan spiritual jama’ah di Masjid Agung Kendal.
Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Hal ini ditempuh dengan cara menggambarkan secara detail mengenai manajemen dakwah yang dilakukan di Masjid Agung Kendal, dalam upaya meningkatkan pelayanan kebutuhan sepiritual jamaah di masjid Agung Kendal. Kemudian menganalisis dan menyajikan secara sistematik sehingga dapat lebih mudah untuk dipahami dan disimpulkan. Adapun penelitian secara detailnya hanya mengupas pada kekurangan, kendala dan kelebihan, yang bertujuan untuk mengungkap permasalahan yang kemudian dicarikan solusinya, dengan mempertimbangkan realita yang ada di lingkungan Masjid Agung Kendal.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan sepiritual yang dilakukan dimasjid Agung Kendal bisa dikategorikan kegiatan yang sangat disiplin, hal ini bisa dilihat dari rutinitas para jamaah yang dengan sadar meluangkan waktu untuk mengikuti kegiatan yang diselenggarakan di Masjid Agung Kendal. Adapun bentuk pelayanan yang diberikan oleh para ta’mir Masjid Agung kendal dapat dilihat ketika para jamaah mengikuti kegiatan rutinitas seperti shalat rawatib, semua persiapan sudah disiapkan dengan lengkap, mulai dari persedian air wudlu, muadzin, imam shalat dan kemanan sudah disiapkan, sehingga kenyamanan dan ketenangan para jamaah melaksanakan shalat bisa secara khusuk.
Adapun kegiatan yang bersifat sosial, dapat penulis gambarkan bahwa kegiatan sosial para jamaah masjid Agung Kendal tergolong tinggi hal ini bisa dilihat dengan aktifitas mereka dengan mengadakan pembagian zakat kepada kaum fakir miskin, kemudian pelaksanaan khitanan massal yang diselenggarakan selama satu tahun sekali, ini menggambarkan bahwa kepedulian terhadap orang miskin sangat tinggi yang mana hal ini sangatlah diperintahkan oleh Rosulullah SAW.
Adapun manajemen di Masjid Agung Kendal apabila ditilik dari program kegiatan dan aplikasi kegiatan akan bisa ditarik kesimpulan, sebagai, rencana program, control, pengawasan dan evaluasi terhadap kinerja lembaga ta’mir masjid. yang secara kelembagaan sebenarnya peran kyai sepuh sangatlah dominan dalam menentukan semua kebijakan.
Berdasarkan analisis deskriptif yang ada dalam penelitian ini bahwa manajemen dakwah yang diterapkan di Masjid Agung Kendal bisa dijadikan sebagai pijakan awal bahwa semua atifitas dakwah bermula pada manajemen yang diterapkan oleh para kiyai sepuh, yang kemudian bisa dijadikan acuan bahwa peran kiyai sepoh sangatlah difigurkan dan menjadi sebuah penentu dalam memutuskan kebijakan di lingkungan masjid Agung Kendal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen dakwah; Kebutuhan spiritual
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 23 Jun 2020 02:35
Last Modified: 23 Jun 2020 02:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11259

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics