Pengaruh pelaksanaan amalan wirid istighfar terhadap ketenangan jiwa anggota jama'ah tarekat Qodiriyyah Naqsyabandiyyah: Studi Analisis Bimbingan dan Konseling Islam

Syahid, NUR (2007) Pengaruh pelaksanaan amalan wirid istighfar terhadap ketenangan jiwa anggota jama'ah tarekat Qodiriyyah Naqsyabandiyyah: Studi Analisis Bimbingan dan Konseling Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 1100088_Nur Syahid_combine.pdf]
Preview
Text
1100088_Nur Syahid_combine.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Pengaruh Pelaksanaan Amalan Wirid Istighfar Terhadap Ketenangan Jiwa Anggota Jama'ah Tarekat Qodiriyyah Nakhsabandiyyah Mranggen Demak. Obyek dalam penelitian ini adalah tarekat Qodiriyyah Naqsyabandiyyah di Pon-Pes Futuhiyyah Mranggen Demak.
Tujuan penelitian ini untuk menguji secara empiris pengaruh pelaksanaan amalan wirid istighfar dengan ketenangan jiwa anggota tarekat. Hipotesis yang diujikan adalah ada pengaruh signifikan antara pelaksanaan amalan wirid istighfar dengan ketenangan jiwa anggota jama'ah tarekat Qodiriyyah Naqsyabandiyyah Mranggen Demak.
Subyek penelitian ini adalah Anggota jama'ah tarekat Qodiriyyah Naqsyabandiyyah Mranggen Demak. Subyek penelitian berjumlah 80 orang, menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner untuk mencari data x dan kuesioner untuk mencari data y.
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah teknik regresi.
Hasil analisis menunjukkan bahwa: Ada pengaruh signifikan antara pelaksanaan amalan wirid istighfar dengan ketenangan jiwa anggota jama'ah tarekat Qodiriyyah Naqsyabandiyyah Mranggen Demak, dengan nilai rata-rata sebesar 102,38 dan nilai tertingginya 131 terendah 72. Ketenangan jiwa Anggota jama'ah tarekat Qodiriyyah Naqsyabandiyyah Mranggen Demak, dengan nilai rata-rata sebesar 108,36 dengan nilai tertinggi 131 terendah 84. Ada pengaruh signifikan antara pelaksanaan amalan wirid istighfar dengan ketenangan jiwa jama'ah tarekat Qodiriyyah Naqsyabandiyyah Mranggen Demak.
Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa ada hubungan antara pelaksanaan amalan wirid istighfar tarekat Qodiriyyah Naqsyabandiyyah Mranggen Demak dengan Ilmu Dakwah. Dalam tarekat tersebut ada da’I yaitu mursyid atau guru dalam tarekat, ada madu yaitu anggota jama’ah, ada materi tentang upaya mendekatkan diri pada Allah, metodenya pelaksanaan amalan-amalan wirid, dan medianya adalah organisasi jama’ah tarekat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tarekat; Sufi; Ketenangan jiwa
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.4 Sufism
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 24 Jun 2020 03:36
Last Modified: 24 Jun 2020 03:55
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11270

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics