Pengaruh bimbingan agama Islam terhadap penurunan stres santri hifdzul qur’an di Pondok Pesantren Miftahul Huda Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal

Musifah, Musifah (2008) Pengaruh bimbingan agama Islam terhadap penurunan stres santri hifdzul qur’an di Pondok Pesantren Miftahul Huda Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of SKRIPSI_1102063_MUSIFAH]
Preview
Text (SKRIPSI_1102063_MUSIFAH)
1102063_MUSIFAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kajian pada penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh bimbingan agama Islam terhadap penurunan stres santri Hifdzul Qur’an di Pondok Pesantren Miftahul Huda Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal. Di dalam penelitian ini menerangkan bahwa bimbingan agama Islam mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap penurunan stres santri Hifdzul Qur’an. Bimbingan agama Islam dengan indikator : pembimbing, terbimbing, metode dan materi. Sedangkan stres santri dengan indikator : pusing, cemas, sedih dan kehilangan semangat.
Adapun hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah “bahwa bimbingan agama Islam berpengaruh terhadap penurunan stres santri hifdzul Qur’an di Pondok Pesantren Miftahul Huda Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal”.
Subyek dalam penelitian ini adalah santri Pondok Pesantren Miftahul Huda Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal tahun 2008 yang berjumlah 67 santri, dengan menggunakan metode populasi, data penelitian diperoleh dari teknik angket yang disebarkan kepada responden.
Dalam pengujian hipotesis penelitian ini menggunakan rumus regresi sederhana untuk mendapatkan persamaan garis regresi dan analisis varian. Dan pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa “terdapat pengaruh yang signifikan bimbingan agama Islam terhadap penurunan stres santri hifdzul Qur’an di Pondok Pesantren Miftahul Huda Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal”. Hal ini ditunjukkan oleh persamaan garis regresi Y = 89,159 + 0,446x dengan Freg = 14,232 yang berarti lebih besar dari taraf signifikan 5 % = 3,98 maupun 1 % = 7,01 pada N = 67.
Dengan demikian uji hipotesis yang diajukan yaitu “Bimbingan Agama Islam Berpengaruh Terhadap Penurunan Stres Santri Hifdzul Qur’an di Pondok Pesantren Miftahul Huda Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal”.
Berdasarkan hasil peneltian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi pengasuh, pengurus dan santri supaya meningkatkan dan melaksanakan bimbingan agama Islam sebagai upaya untuk menurunkan stres pada santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Stres; Santri; Bimbingan agama Islam
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 25 Jun 2020 02:04
Last Modified: 25 Jun 2020 02:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11283

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics