Manajemen Pondok Pesantren Nurul Ulum Trengguli Wonosalam Demak dalam upaya meningkatkan mutu layanan santri

Kholisoh, Nurul (2008) Manajemen Pondok Pesantren Nurul Ulum Trengguli Wonosalam Demak dalam upaya meningkatkan mutu layanan santri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_1103010_nurul_kholisoh]
Preview
Text (skripsi_1103010_nurul_kholisoh)
1103010_NURUL_KHOLISOH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Manajemen pondok pesantren Nurul Ulum Trengguli Wonosalam Demak dalam upaya meningkatkan mutu layanan santri.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Bagaimana manajemen di pondok pesantren Nurul Ulum Trengguli Wonosalam Demak. 2). Bagaimana upaya yang dilakukan pondok pesantren Nurul Ulum untuk meningkatkan mutu layanan santri. 3). Faktor-faktor apa yang menjadi penunjang dan penghambat dalam upaya meningkatkan mutu layanan santri.
Penelitian ini mencoba untuk mendeskripsikan manajemen pondok pesantren Nurul Ulum Trengguli Wonosalam Demak dalam upaya meningkatkan mutu layanan santri. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif sebagai teknik analisa data dan menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi sebagai pengumpulan data. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif, pendekatan ini diarahkan pada latar dan individu tersebut secara holistik (utuh). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah manajemen.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen di pondok pesantren Nurul Ulum terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan. Adapun upaya yang dilakukan pondok pesantren Nurul Ulum untuk meningkatkan mutu layanan santri yaitu dengan :
a) Mengoptimalkan kegiatan madrasah diniyah yang mengkaji tentang kitab kuning dari hadits, fiqh, akhlak, tafsir, nahwu dan shorof.
b) Mengoptimalkan kegiatan jam’iyah yang meliputi: wiridan sab’u munjiyat, manakiban, tahlilan, istighosah, diba’, latihan khitobah dan seni baca Al-Qur'an.
c) Mengoptimalkan pengkajian Al-Qur'an yang meliputi pengajian tafsir jalalain, pengajian Al-Qur'an, pengajian tartilul-Qur'an dan tadarus Al-Qur'an.
d) Mengoptimalkan pengajian kitab kuning yang meliputi: pengajian kitab al-adzkar dan I’anatul makhid.
e) Meningkatkan layanan kesehatan dan kesejahteraan santri dengan mendirikan UKS, koperasi serta mengembangkan keterampilan santri (kaligrafi, menjahit, komputer).
Adapun faktor-faktor penunjang meliputi adanya asrama pondok pesantren, adanya dukungan dari masyarakat adanya SDM yang handal, adanya sarana ibadah dan fasilitas belajar mengajar baik formal maupun non formal. Sedangkan faktor-faktor penghambat meliputi adanya aktifitas santri dalam mengadaptasikan IPTEK yang waktunya kurang tepat dan kurang adanya musyawarah yang melibatkan seluruh komponen yang diadakan secara berkala, tetap dan terjadwal.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa dan civitas akademika fakultas Dakwah IAIN Walisongo serta semua pihak atau instansi yang terkait.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen pondok pesantren; Mutu layanan; Santri
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 25 Jun 2020 03:37
Last Modified: 25 Jun 2020 03:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11292

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics