Pengaruh pembinaan keagamaan terhadap perilaku prososial anak di Panti Sosial Asuhan Anak Al-Hidayah Semarang

Nadhiroh, Umi Farichatun (2008) Pengaruh pembinaan keagamaan terhadap perilaku prososial anak di Panti Sosial Asuhan Anak Al-Hidayah Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_1103014_umi_farichatun_nadhiroh]
Preview
Text (skripsi_1103014_umi_farichatun_nadhiroh)
1103014_UMI_FARICHATUN_NADHIROH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengaruh pembinaan keagamaan terhadap Perilaku Prososial anak di Panti Sosial Asuhan Anak Al-Hidayah Semarang. Skripsi.Umi Farichatun Nadhiroh Semarang Fakultas Dakwah IAIN Walisongo, 2008.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembinaan keagamaan terhadap perilaku prososial anak di panti Panti Sosial Asuhan Anak Al-Hidayah Semarang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitaif, yaitu suatu penelitian yang lebih menekankan analisisnya pada data-data numerikal (angka) yang diolah dengan metode statistika. Menganut teorinnya Suharsimi Arikunto, maka Penelitian ini tidak menggunakan sampel karena jumlah anak asuh di Panti Sosial Asuhan Anak Al-Hidayah Semarang hanya berjumlah 43 anak, maka dengan sendirinya penelitian ini menjadi penelitian populasi. Untuk memperoleh data pneliti menggunakan tehnik observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus regresi satu prediktor dengan langkah-langkah: mencari persamaan garis regresi dan mencari anova (analisis varians garis regresi), uji signifikan nilai Freg.
Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa pembinaan keagamaan di Panti Sosial Asuhan Anak Al-Hidayah semarang adalah dalam kategori “cukup”. Hal ini ditunjukkan dari nilai rata-rata Pembinaan keagamaan di Panti Sosial Asuhan Anak Al-Hidayah Semarang sebesar 199,512 yang terletak pada interval 187-203, sedangkan Perilaku Prososial anak rata-rata sebesar 196,081. Hal ini berarti bahwa Perilaku Prososial di Panti Sosial Asuhan Anak Al-Hidayah Semarang adalah “cukup”, yaitu terletak pada interval 193-208. Hal ini juga dibuktikan dengan persamaan garis regresi garis linear regresinya adalah Y = 0, 813 x +34,978. Sementara itu, dari uji variansi garis regresi (anova) untuk mencari nilai Freg diketahui nilainya sebesar 106,628. Setelah dicocokkan pada tabel F, maka diketahui, bahwa Freg > dari Ft baik pada taraf signifikansi 5%, yaitu 4,06 dan taraf signifikansi 1 %, yaitu 7,24. Karena, Freg > Ft, maka maka hasilnya juga menunjukkan signifikan. Atas dasar inilah, maka hipotesis yang diajukan diterima. Artinya semakin sering pembinaan keagamaan di Panti Sosial Asuhan Anak Al-Hidayah Semarang, maka semakin baik pula Perilaku Prososial anak di Panti Sosial Asuhan Anak Al-Hidayah Semarang. Namun demikian sebaliknya, semakin rendah pembinaan keagamaan di Panti Sosial Asuhan Anak Al-Hidayah Semarang, maka semakin rendah Perilaku Prososial anak di Panti Sosial Asuhan Anak Al-Hidayah Semarang.
Berdasarkan hasil penelitian di atas diharapkan dapat menjadi sumbangan bagi khazanah ilmu pengetahuan dan bahan informasi serta masukan bagi civitas akademika dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Dakwah IAIN Walisongo Semarang serta Panti Sosial Asuhan Anak Al-Hidayah Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perilaku prososial; Anak; Panti sosial; Pembinaan keagamaan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 25 Jun 2020 03:50
Last Modified: 25 Jun 2020 03:50
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11293

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics