Manfaat zikir dan do'a menurut Quraish Shihab bagi kesehatan mental : analisis BKI

Siswoyo, Ari (2008) Manfaat zikir dan do'a menurut Quraish Shihab bagi kesehatan mental : analisis BKI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_1103021_ari_siswoyo]
Preview
Text (skripsi_1103021_ari_siswoyo)
1103021_ARI_SISWOYO.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nama : Ari Siswoyo (NIM: 1103021) dengan judul skripsi: Manfaat Zikir dan Doa Menurut Quraish Shihab bagi Kesehatan Mental (Analisis BKI). Zikir mempunyai makna yang penting bagi kehidupan setiap insan. Makna itu sebenarnya bukan hanya menyangkut spiritual manusia, tetapi juga menyangkut fisik-biologis dan psikis (jiwa)-nya. Berdasarkan keterangan tersebut, maka yang menjadi perumusan masalah: bagaimana konsep Quraish Shihab tentang zikir dan do'a? Bagaimana implikasi zikir dan do'a menurut Quraish Shihab bagi kesehatan mental ditinjau dari materi BKI?.
Penulisan ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Adapun metode pengumpulan data dengan liberary research. Sebagai sumber data, maka yang menjadi data primer adalah buku karya M. Quraish Shihab yang berjudul: Wawasan al-Qur'an tentang Zikir dan Do'a, Sedangkan sebagai data sekunder yaitu sejumlah kepustakaan yang relevan dengan judul ini. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan analisis deskripsi yaitu menggambarkan dan menguraikan konsep Quraish Shihab tentang zikir dan do'a manfaatnya dengan kesehatan mental.
Hasil dari pembahasan menunjukkan bahwa menurut Quraish Shihab, tidak dapat disangkal bahwa era kita dewasa ini adalah era kegelisahan. Problem hidup terlihat dan dirasakan di mana-mana, bukan saja karena kebutuhan meningkat, tetapi juga karena ulah sementara pihak telah mengusik kedamaian dengan berbagai dalih atau menawarkan aneka ide yang saling bertentangan dan membingungkan. Dengan zikir dan do'a, maka optimisme lahir, dan itulah yang dapat mengusik kegelisahan, karena itu dewasa ini sekian banyak pakar—bahkan yang hidup di Eropa dan Amerika sekalipun— menganjurkan umat beragama untuk kembali mengingat Tuhan. Do'a merupakan bagian dari zikir. Ia adalah permohonan. Setiap zikir kendati dalam redaksinya tidak terdapat permohonan, tetapi kerendahan hati dan rasa butuh kepada Allah yang selalu menghiasi orang yang berzikir, menjadikan zikir mengandung do'a. Zikir berfungsi sebagai pengobatan, pencegahan, dan pembinaan. Perawatan mental menghendaki agar penderita mengingat kembali pengalaman lama, sehingga memudahkan untuk mengadakan perubahan dan penyesuaian diri terhadap pengalaman yang baru. Zikir harus dibarengi dengan do'a karena keduanya sangat berhubungan. Zikir dan do'a berarti mengingat dan mengungkapkan perasaan, kemauan dan keinginan. Dengan zikir dan do'a, seseorang akan memperoleh ketenangan jiwa dan kelegaan batin, karena ia mengingat dirinya dan merasa diingat oleh Allah, serta merasa Allah mengetahui, mendengar, dan memperhatikan do'anya. Zikir dapat melahirkan mental yang sehat. Sedangkan dalam pengertian yang integralistik, dakwah merupakan suatu proses yang berkesinambungan yang ditangani oleh para pengemban dakwah untuk mengubah sasaran dakwah agar bersedia masuk ke jalan Allah, dan secara bertahap menuju perikehidupan yang Islami.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Zikir dan doa; Kesehatan mental; Bimbingan dan Konseling Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 25 Jun 2020 04:06
Last Modified: 25 Jun 2020 04:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11294

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics