Aplikasi fungsi-fungsi manajemen dalam pengajian pahingan di pondok pesantren Sunan Kalijaga Patebon Kendal

Mustofiyah, Hanik Siti (2007) Aplikasi fungsi-fungsi manajemen dalam pengajian pahingan di pondok pesantren Sunan Kalijaga Patebon Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 1101028_Hanik Siti Mustofiyah.pdf]
Preview
Text
1101028_Hanik Siti Mustofiyah.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Aplikasi Fungsi-Fungsi Manajemen dalam Pengajian Pahingan di Pondok Pesantren Sunan Kalijaga Patebon Kendal. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian skripsi ini adalah: 1. Untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan pengajian Pahingan di Pondok Pesantren Sunan Kalijaga Patebon Kendal. 2 Untuk mengetahui gambaran Aplikasi Fungsi-fungsi Manajemen dalam Pengajian Pahingan di Pondok Pesantren Sunan Kalijaga Patebon Kendal, dengan menggunakan 4 fungsi yaitu Planning, organizing, actuating, dan controlling, dapat mengetahui bagaimana sistem kerja para pelaksana pengajian.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut metode yang digunakan adalah penelitian lapangan yaitu dengan mengumpulkan data yang dilakukan dengan penelitian di tempat pelaksanaan kegiatan yang diteliti. Metode yang digunakan sebagai berikut: sumber data yang terdiri dari sumber data primer yaitu sumber data utama yang dijadikan bahan penelitian dalam penulisan skripsi, dan sumber data sekunder yaitu sumber data yang diperoleh dari mengutip buku atau dokumen yang ada. Sebagai teknik pengumpulan data digunakan beberapa teknik seperti: metode observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis datanya dengan menggunakan proses berfikir induktif yaitu dengan mengorganisasikan hasil-hasil dari pengamatan menjadi suatu rangkaian hubungan

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan Pengajian Pahingan ini membawa pengaruh sangat besar bagi masyarakat, tidak hanya masyarakat sekitar tapi juga masyarakat luas, yaitu dalam hal meningkatkan keimanan mereka, dan yang lebih utama adalah menambah erat tali persaudaraan. Dalam proses kegiatan pengajian tersebut terlebih dahulu direncanakan hal-hal yang sangat dibutuhkan dalam pelaksanaan tersebut, diantaranya dengan mengadakan rapat untuk mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan, menentukan para pelaksana, dan menentukan segala fasilitas dalam pelaksanaan pengajian. Pengorganisasian merupakan fungsi yang memudahkan dalam pembagian tugas dan menyusun rencana kerja. Tugas-tugas yang diberikan oleh para pengurus adalah tugas yang sesuai dengan keahlian pengurus tersebut, dan program kerja yang diberikan para pengurus adalah untuk memberikan fasilitas yang terbaik untuk kiai dan jamaah pengajian. Fungsi ketiga adalah penggerakan, yaitu dengan memberikan motivasi dan semangat dalam bekerja. Fungsi terakhir adalah pengawasan yaitu dengan mengamati seluruh kegiatan dan anggotanya dalam bekerja. Dengan diaplikasikannya fungsi-fungsi manajemen dalam Pengajian Pahingan maka dapat mempermudah pelaksanaan pengajian dan juga dapat mempermudah dalam memberi pelayanan pada jamaah pengajian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dakwah; manajemen Dakwah; Pengajian; Pondok pesantren; Sunan kalijaga
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Umar Falahul Alam
Date Deposited: 25 Jun 2020 04:11
Last Modified: 22 May 2021 10:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11295

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics