Pengaruh menonton tayangan sinetron Si Entong terhadap perilaku keagamaan anak : studi kasus anak-anak Desa Lanji Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal

Masruroh, Iin (2008) Pengaruh menonton tayangan sinetron Si Entong terhadap perilaku keagamaan anak : studi kasus anak-anak Desa Lanji Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_1103037_iin_masruroh]
Preview
Text (skripsi_1103037_iin_masruroh)
1103037_IIN_MASRUROH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Menonton Tayangan Sinetron Si Entong Terhadap Perilaku Keagamaan Anak (Studi Kasus Anak-anak Desa Lanji Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal)”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh menonton tayangan sinetron Si Entong terhadap perilaku keagamaan anak (Studi kasus anak-anak Desa Lanji Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal).
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan hiopotesis yang diajukan yaitu terdapat pengaruh positif antara menonton tayangan sinetron Si Entong terhadap perilaku keagamaan anak (Studi kasus anak-anak Desa Lanji Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal). Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini diperoleh melalui angket yang dibagikan kepada sejumlah responden dan sudah ditentukan jumlahnya yaitu 73 responden.
Berdasarkan angket yang terkumpul pada penulis, kemudian dilakukan proses pengolahan data, dan hasil yang diperoleh dari penghitungan analisis Regresi sederhana bahwa Freg sebesar 925,608 dan besar nilai Ftabel pada taraf signifikansi 5% adalah 3,978. Hal ini berarti Freg > Ftabel (925,608 > 3,978), dan kondisi ini diperkuat oleh output tabel Anova dengan tingkat signifikan 0,000.
Dengan demikian, hipotesis awal yang diajukan diterima (Ha diterima), yaitu terdapat pengaruh positif antara menonton tayangan sinetron Si Entong terhadap perilaku keagamaan anak (Studi kasus anak-anak Desa Lanji Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal).
Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadikan bahan pembelajaran bagi pelaku dakwah baik da’I maupun mad’u, yang disini adalah penonton sinetron yang bergenre religi guna memajukan dakwah melalui media massa, khususnya televisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Perilaku keagamaan; Anak; Sinetron; Program televisi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport > 384 Communications Telecommunication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 25 Jun 2020 04:32
Last Modified: 25 Jun 2020 04:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11297

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics