Strategi dan metode dakwah Ustadz Yusuf Mansur di media televisi

Pratiwi, Bagas (2008) Strategi dan metode dakwah Ustadz Yusuf Mansur di media televisi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_1103041_bagas_pratiwi]
Preview
Text (skripsi_1103041_bagas_pratiwi)
1103041_BAGAS_PRATIWI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pada era globalisasi saat ini, banyak format dakwah yang ditawarkan untuk memenuhi tuntutan dari kebutuhan masyarakat yang materialitis dan majemuk. Tentunya da’i dituntut untuk memahami kondisi sosial masyarakat dan perubahan yang terjadi di dalamnya, karena keberhasilan da’i masih sangat bergantung pada figur. Hal ini menjadi penting untuk menentukan metode, strategi dan media dakwah yang tepat guna. Dilihat dari subyek dakwahnya, ustadz Yusuf Mansur menggunakan media televisi untuk melancarkan beberapa metode dan strategi dalam menyampaikan dakwah Islam.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi dan metode dakwah yang digunakan ustadz Yusuf Mansur di media televisi.
Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu menyajikan data dengan cara menggambarkan senyata mungkin sesuai dengan data yang diperoleh dari hasil penelitian.
Hasil dari penelitian ini bahwa strategi dakwah ustadz Yusuf Mansur di media televisi adalah dakwah dengan cara halaqoh atau kelembagaan, yang Ia kembangkan melalui lembaga dakwah Wisatahati dan Pondok Pesantren Daarul Qur’an. Sedangkan metode dakwah yang digunakan adalah metode ceramah, tanya jawab, debat (mujadalah) dan cerita yang dikemas dalam sinetron yang ditayangkan di televisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode dakwah; Media dakwah; Program televisi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 25 Jun 2020 06:48
Last Modified: 25 Jun 2020 06:48
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11299

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics