Pesan dakwah dalam buku Beragama Secara Praktis agar Hidup Lebih Bermakna karya Prof. K.H. Ali Yafie

Hajar, Neli (2008) Pesan dakwah dalam buku Beragama Secara Praktis agar Hidup Lebih Bermakna karya Prof. K.H. Ali Yafie. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_neli_hajar]
Preview
Text (skripsi_neli_hajar)
1103051_NELI_HAJAR.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Yang menjadi masalah dari skripsi ini ialah apa saja isi pesan dakwah dalam buku: "Beragama Secara Praktis Agar Hidup Lebih Bermakna" karya Prof. KH. Ali Yafie?
Jenis penelitian ini tergolong dalam penelitian kualitatif yakni prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Sumber primernya adalah buku karya K.H. Ali Yafie yang berjudul: Beragama Secara Praktis Agar Hidup Lebih Bermakna. Data sekunder yaitu sejumlah kepustakaan yang relevan dengan skripsi ini namun sifatnya hanya pendukung, seperti: a). buku-buku; b) jurnal-jurnal penelitian; c) surat kabar, majalah dan lain-lain. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi. Dalam menganalisis data digunakan Content analysis, berangkat dari aksioma bahwa studi tentang proses dan isi komunikasi itu merupakan dasar bagi semua ilmu sosial. Pembentukan, pengalihan perilaku dan polanya berlangsung lewat komunikasi verbal.
Hasil dari pembahasan menunjukkan bahwa menurut isi pesan dakwah dalam buku: "Beragama Secara Praktis Agar Hidup Lebih Bermakna" karya Prof. KH. Ali Yafie yaitu (1). elemen-elemen dalam Islam (cara mudah mengenal Tuhan, Islam yang damai, elemen-elemen keimanan, memahami kaitan akidah dan syariah, menyelami makna hakikat); (2). membumikan ajaran langit (memantulkan perilaku ketuhanan, al-Qur'an yang membebaskan, posisi manusia dalam al-Qur'an, proses pembelajaran dalam keluarga); (3). menata hidup secara islami (manajemen waktu dalam Islam, evolusi ajaran Islam, makna reformasi dalam Islam, moralitas sebagai wujud keimanan, lorong-lorong keselamatan); (4). agar hidup lebih bermakna (salat dan kecerdasan emosi, puasa dan kesalehan sosial, lailatul qadar dan pencerahan rohani, memupuk kesadaran untuk berbagi dan hidup yang bermakna). Buku karya K.H. Ali Yafie ini merupakan salah satu bentuk tanggapan seorang ulama terhadap beragam perkembangan sosial. Selama ini K.H. Ali Yafie lebih dikenal sebagai ahli fikih. Banyak di antara karya-karya guru besar di dalam bidang ilmu fikih ini yang telah diterbitkan dengan kefikihannya. Buku berjudul "Beragama Secara Praktis Agar Hidup Lebih Bermakna" ini menampilkan sisi lain dari pemikiran K.H. Ali Yafie. Buku ini mengupas berbagai persoalan kehidupan mulai dari masalah akidah, tasawuf, berbagai persoalan kehidupan, perkembangan ajaran Islam, reformasi, sampai manajemen waktu yang dikemas dalam corak ke Islaman. Untuk tidak melepaskan sama sekali ciri khas K. H. Ali Yafie, di dalam buku ini juga dikupas beberapa persoalan fikih sosial kontekstual. Luasnya paparan dalam buku ini sekaligus membuktikan banyaknya persoalan yang dihadapi oleh umat Islam. Namun seluas apapun persoalan itu, agama seperti diuraikan dalam buku tersebut tetap mampu menawarkan jalan keluar yang praktis sehingga bisa menciptakan hidup ini lebih bermakna. Dengan demikian pesan dakwah Prof. KH. Ali Yafie relevan dengan kehidupan sekarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pesan dakwah; Kyai
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70233 - Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 26 Jun 2020 04:09
Last Modified: 26 Jun 2020 04:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11305

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics