Amin, Moh. Sukron (2008) Peran kyai dalam megendalikan perilaku temperamental remaja : studi kasus di Panti Asuhan Darul Yatama Kec. Pangkah Kab. Tegal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_1103063_moh_sukron_amin]
Preview
Text (skripsi_1103063_moh_sukron_amin)
1103063_MOH_SUKRON_AMIN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kajian dalam penelitian ini adalah untuk mendapatkan dan menggambarkan peran kyai dalam mengendalikan perilaku temperamental remaja di Panti Asuhan Darul Yatama Kec. Pangkah Kab.Tegal. Penelitian ini juga sebagai upaya mewujudkan perilaku yang baik bagi remaja Panti Asuhan Darul Yatama Kec. Pangkah Kab.Tegal. dalam penelitian adalah ingin mendapatkan gambaran tentang peran kyai dan perilaku temperamental. Peran ini dititik beratkan pada empat aspek yaitu pembimbing (pengasuh), klien (anak asuh), metode dan materi pengendalian perilaku temperamental remaja sedangkan perilaku temperamental dititikberatkan pada kompulsif, agresi, regresi, fixatie, rasionalisasi, proyeksi, identifikasi, narsism, autisme.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih dalam bagaimana peran kyai dalam mengendalikan perilaku temperamental remaja dan juga bila di lihat dari perspektif Bimbingan Konseling Islam. Subyek dari penelitian ini adalah para pengasuh Panti Asuhan Darul Yatama atau pembimbing. Sedangkan obyeknya adalah para remaja Panti Asuhan Darul Yatama. Hasil penelitian ini antara lain sebagai berikut:
- Peran kyai dengan menggunakan metode langsung dan tidak langsung. Metode langsung maksudnya adalah metode dimana kyai/ pembimbing melakukan komunikasi (bertatap muka) dengan orang yang dibimbingnya. Sedangkan metode tidak langsung maksudnya adalah metode pembimbing atau konseling yang dilakukan melalui media komunikasi massa.
- Peran yang bersifat kuratif maksudnya adalah kyai membantu individu memecahkan masalah yang dihadapinya.
Peran kyai dalam mengendalikan perilaku temperamental remaja di Panti Asuhan Darul Yatama antara lain: membimbing, mengarahkan, membina dan mengendalikan. Dengan begitu maka akan sangat efektif bagi perkembangan jiwa remaja dalam pembentukan perilaku yang baik.Peran yang positif ini dapat dilihat dari fungsi bimbingan konseling Islam yang meliputi preventif, kuratif, preservatif dan development. Keempat fungsi tersebut memberikan peran yang signifikan bagi pengembangan BKI di Panti Asuhan Darul Yatama antara lain: dalam memberikan materi dan metode yang diterapkan dalam bimbingan , materi yang disampaikan di panti adalah materi aqidah, syariat dan akhlak sedangkan metode yang digunakan adalah metode komunikasi langsung dan komunikasi tidak langsung. Dengan adanya para pembimbing dalam menyampaikan dan menggunakan metode bimbingan mendapat tanggapan yang positif dari para anak asuh. Hal ini disebabkan adanya hasil dari penelitian ini adalah adanya peran kyai yang positif dalam mengendalikan perilaku temperamental remaja di Panti Asuhan Darul Yatama.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Kenakalan remaja; temperamental remaja; Kyai; Panti asuhan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 26 Jun 2020 04:35
Last Modified: 26 Jun 2020 04:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11307

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics