Hubungan dukungan sosial keluarga dengan derajat stress remaja penghuni Panti Pamardi Putra Mandiri : analisis fungsi bimbingan dan konseling Islami

Abdul Hamid, Ahmad (2008) Hubungan dukungan sosial keluarga dengan derajat stress remaja penghuni Panti Pamardi Putra Mandiri : analisis fungsi bimbingan dan konseling Islami. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_1103065_ahmad_abdul_hamid]
Preview
Text (skripsi_1103065_ahmad_abdul_hamid)
1103065_Ahmad_Abdul_Hamid.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ahmad Abdul Hamid (1103065) hubungan dukungan sosial keluarga dengan derajat stress remaja penghuni Panti Pamardi Putra “Mandiri” Semarang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara empiris tentang hubungan dukungan sosial keluarga (X), dengan derajat stress remaja (Y), serta untuk mengetahui analisa fungsi bimbingan konseling Islam terhadap hubungan dukungan sosial keluarga dengan derajat stress remaja penghuni Panti Pamardi Putra “Mandiri” Semarang.
Penelitian ini menggunakan metode survei dengan teknik korelasi. Subjek penelitian sebanyak 75 responden, menggunakan metode penelitian populasi. Teknik pengumpulan data, metode yang peneliti gunakan untuk mengumpulkan data primer, yaitu: 1. Metode obserfasi, metode ini peneliti gunakan untuk memperoleh data tentang keadaan lembaga dan fasilitas yang ada, 2. Metode interviu, metode ini peneliti gunakan untuk memperoleh data tentang pengasuh, pembimbing, geografi, peserta remaja serta data lain yang diperlukan, 3. Metode angket, peneliti gunakan untuk memperoleh data dukungan sosial keluarga dengan derajat stress remaja, dengan memberikan pernyataan untuk dijawab dan dikerjakan oleh responden secara tertulis (instrumen quisioner atau angket) sebelum digunakan untuk mendapatkan data yang objektif, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas dan reabilitas, 4. Metode dokumentasi, metode ini digunakan untuk memperoleh data berupa jumlah dan nama-nama remaja serta hal-hal lainnya.
Data penelitian yang terkumpul, dianalisa dengan menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis, peneliti menggunakan analisis Prodact Moment dengan metode skor mentah. Penelitian menunjukkan bahwa: terdapat hubungan negatif yang signifikan antara dukungan sosial keluarga dengan derajat stress remaja, ditunjukkan oleh koefisien korelasi rxy = 0, 494. Berdasarkan hasil perhitungan ialah r hitung lebih besar dari r tabel (0,494 > 0,227), untuk taraf signifikan 5 %, sedangkan taraf signifikan 1 % adalah 0,296. karena r hitung > r tabel, maka dapat disimpulakan bahwa korelasi tersebut adalah signifikan. Berdasarkan perhitungan tersebut maka hipotesis yang berbunyi “tidak ada hubungan yang negatif signifikan antara dukungan sosial keluarga dengan derajat stress remaja” (ditolak), sedangkan hipotesis yang berbunyi “ada hubungan negatif signifikan antara dukungan sosial keluarga dengan derajat stress remaja” (diterima), yaitu semakin tinggi dukungan sosial keluarga maka semakin rendah derajat stress remaja. Sebaliknya, semakin rendah dukungan sosial keluarga maka semakin tinggi derajat stress remaja.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukkan bagi para pembimbing, orang tua, dan konselor.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Dukungan sosial keluarga; Stress; Remaja; Bimbingan konseling Islam
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 155 Differential and developmental psychology
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan dan Penyuluhan Islam (BPI)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 26 Jun 2020 06:54
Last Modified: 26 Jun 2020 06:54
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11308

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics