Strategi dakwah Tarekat Tijaniyyah dalam mengembangkan kualitas jama’ah di Kabupaten Brebes tahun 2000-2007

Munawarudin, Munawarudin (2008) Strategi dakwah Tarekat Tijaniyyah dalam mengembangkan kualitas jama’ah di Kabupaten Brebes tahun 2000-2007. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_1103076_munawarudin]
Preview
Text (skripsi_1103076_munawarudin)
1103076_MUNAWARUDIN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode induktif. Metode induktif yaitu metode pembahasan masalah yang berangkat dari data-data dan fakta-fakta yang bersifat khusus dan konkrit ditarik kepada kesimpulan-kesimpulan yang lebih bersifat umum. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan sosiologis, yaitu pendekatan yang digunakan untuk menggambarkan tentang keadaan masyarakat lengkap dengan struktur, lapisan, serta berbagai gejala sosial lainnya yang saling berkaitan.
Penelitian ini bertujuan pertama, Untuk mengetahui strategi dakwah tarekat Tijaniyyah di Kabupaten Brebes tahun 2000-2007. kedua, Untuk mengetahui pengelolaan tarekat Tijaniyyah dalam mengembangkan kualitas jama'ah di Kabupaten Brebes.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Strategi dakwah tarekat Tijaniyyah di Brebes 2000-2007, antara lain: dalam bidang dakwah mengedepankan nilai-nilai tauhid, dalam bidang pendidikan, dakwah melalui jalinan kerja sama, bidang Media massa/penerbitan, dan bidang kesehatan
Pengelolaan tarekat Tijaniyyah dalam strategi dakwahnya yaitu setiap kegiatan direncanakan agar tercapai tujuan efektif dan efisien. Setelah itu diorganisasikan pembagian tugas dari kegiatan dakwah. Kemudian digerakkan agar tugas pekerjaanya sesuai dengan tugasnya, pengarahan, bimbingan, instruksi, nasihat, dan pemberian motivasi guna mencapai hasil baik. Terakhir pengendalian dengan menetapkan standar alat ukur yang riil, mengevaluasi program dan penelitian terhadap pelaksanaan dakwah yang sudah ditentukan, membandingkan antara pelaksanaan tugas dengan standar. Kegiatannya dikontrol agar berjalan dengan baik dan dilakukan perbaikan kegiatan jika mengalami permasalahan agar cepat diselesaikan agar tidak menggangu jalannya organisasi (tarekat).
Tarekat Tijaniyyah dalam mengembangkan kualitas jama'ah di Kabupaten Brebes menggunakan metode hikmah, mauizhahtil hasanah, mujadallah, dan dengan tasawuf memfokuskan kepada ajaran Syari'ah, wawasan ke-Islaman dan tarekat Tijaniyyah yaitu dengan dzikir, wirid, do'a, amalan, memberikan arahan dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara yakni nilai akidah, ibadah, akhlak, ukhuwah dalam sosial, ekonomi, budaya, sikap ta'wun, musyawarah, toleransi, keluarga, kemasyarakatan, pendidikan, kewarganegaraan dan kesehatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi dakwah; Tarekat Tijaniyah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 26 Jun 2020 07:12
Last Modified: 21 May 2021 11:37
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11310

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics