Strategi pengembangan sumber daya manusia pada santri di Pondok Pesantren Al-Hikmah 2 Benda Sirampog Brebes pada tahun 2005-2007

Sumartini, Sumartini (2008) Strategi pengembangan sumber daya manusia pada santri di Pondok Pesantren Al-Hikmah 2 Benda Sirampog Brebes pada tahun 2005-2007. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_1103100_sumartini]
Preview
Text (skripsi_1103100_sumartini)
1103100_SUMARTINI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang berjudul Strategi Pengembangan Sumber Daya Manusia Pada Santri di Pondok Pesantren Al-Hikmah 2 Benda Sirampog Brebes pada Tahun 2005-2007. Salah satu tuntutan globalisasi sekarang adalah daya saing ekonomi. Daya saing ekonomi akan terwujud bila didukung oleh sumber daya manusia yang handal. Pendidikan diperlukan untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan handal, sebab dianggap sebagai mekanisme kelembagaan pokok dalam mengembangkan keahlian dan pengetahuan. Pembangunan merupakan kegiatan investasi dengan pemerintah dan pada masyarakat pada umumnya, sebab pembangunan membutuhkan kualitas sumber daya yang unggul, baik dalam kapasitas penguasaan IPTEK maupun sikap mental sehingga dapat menjadi subyek atau pelaku pembangunan yang handal.
Penelitian ini berusaha untuk mengetahui strategi pengembangan SDM pada santri di pondok pesantren Al-Hikmah 2 Benda Sirampog pada tahun 2005-2007, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan strategi pengembangan SDM pada santri di pondok tersebut.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif yaitu penelitian yang mempunyai karakteristik bahwa data dengan tidak merubah bentuk simbol atau angka. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan: 1) Wawancara, ini digunakan untuk mengumpulkan data tentang strategi pengembangan sumber daya manusia pada santri di Pondok Pesantren Al-Hikmah 2; 2) Dokumentasi, yaitu memperoleh dokumentasi yang berhubungan dengan Pondok Pesantren Al-Hikmah 2, seperti struktur organisasi, visi dan misi pondok pesantren; 3) Observasi, digunakan untuk mengumpulkan data dengan pengamatan langsung tentang keadaan atau situasi kegiatan santri di Pondok Pesantren Al-Hikmah 2 Benda Sirampog Brebes.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pengembangan SDM pada santri di Pondok Pesantren Al-Hikmah 2 Benda Sirampog Brebes telah terwujud dengan baik. Secara umum, pengembangan SDM pada santri ini dengan diterapkan melalui beberapa aspek pada santri, yaitu pendidikan pengajian kitab pendidikan formal, pendidikan kejuruan/ketrampilan, dan kegiatan sosial. Strategi pengembangan SDM pada santri tersebut, menggunakan media, kegiatan pengajian, kegiatan ekstrakurikuler, untuk mendukung keahlian, pengetahuan, serta membekali santri untuk ke depan dan siap diterjunkan dalam masyarakat luar.
Faktor yang mendukung dalam keberhasilan pengembangan SDM pada santri di Pondok Pesantren Al-Hikmah 2 Benda Sirampog Brebes pada tahun 2005-2007 antara lain ustad, santri, pengasuh (kyai), iklim sosial, adanya sarana dan prasarana, dan letak pondok pesantren, sedangkan faktor penghambat antara lain santri, kendala struktural dan kendala kultural.
Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, tenaga pendidik, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan, terutama di lingkungan Fakultas Dakwah IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pengembangan SDM; Santri; Pondok pesantren
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 26 Jun 2020 07:46
Last Modified: 21 May 2021 11:39
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11314

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics