Bimbingan rohani terhadap kondisi mental pasien: studi kasus di Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. Soeroyo Magelang

Rahmayanti, Ani (2008) Bimbingan rohani terhadap kondisi mental pasien: studi kasus di Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. Soeroyo Magelang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_4102015_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM_4102015_Skripsi_Lengkap)
4102015_Skripsi Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (841kB) | Preview

Abstract

Manusia bisa hidup itu terbentuk dari dua dimensi, yaitu dimensi jasmani dan dimensi rohani. Kedua dimensi inilah yang membentuk manusia yang memiliki karakter kepribadian. Apabila salah satunya rusak, maka manusia dianggap sakit/tidak normal. Sejalan dengan adanya problem kesehatan mental yang dihadapi pasien, maka perlu adanya suatu bimbingan salah satunya yaitu bimbingan rohani.
Wacana tersebut membuat penulis tertarik untuk melakukan penelitian tentang “Bimbingan Rohani Terhadap Kondisi Mental Pasien (Studi Kasus di Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. Soeroyo Magelang)”. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode dan materi yang tepat.
Sedangkan permasalahan yang penulis kemukakan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana sesungguhnya pelaksanaan bimbingan rohani yang diselenggarakan di Rumah Sakit Jiwa Prof. dr. Soeroyo Magelang? Bagaimana peranan bimbingan rohani terhadap kondisi mental pasien di RSJ Prof.dr. Soeroyo Magelang? Adapun tujuan bimbingan rohani yang ada di Rumah Sakit Jiwa Prof. dr. Soeroyo Magelang yaitu, untuk mengetahui proses bimbingan rohani di Rumah Sakit Jiwa Prof. dr. Soeroyo Magelang, untuk mengetahui peranan bimbingan rohani bagi pasien di Rumah Sakit Jiwa Prof. dr. Soeroyo Magelang.
Penelitian lapangan ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu, analisa yang mempergunakan pendekatan logika. Pengumpulan menggunakan metode observasi, dokumentasi, wawancara dan angket.
Penelitian ini menunjukkan bahwa dengan adanya bimbingan rohani yang dilakukan di Rumah Sakit Jiwa Prof. dr. Soeroyo Magelang maka kondisi mental pasien menjadi lebih baik. Bimbingan rohani yang diadakan di Rumah Sakit Jiwa dilakukan secara langsung dan tidak langsung. Metode bimbingan yang digunakan di Rumah Sakit Jiwa menggunakan metode ceramah, tanya jawab, pelatihan dan kefamilieran. Sedangkan materi yang dipakai dalam bimbingan rohani yaitu ibadah akidah dan akhlak. Bimbingan rohani ini akan membentengi seseorang dari terulangnya gangguan jiwa kembali

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Psikologi; Bimbingan Rohani; Terapi Mental
Subjects: 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 153 Conscious mental processes and intelligence
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam
600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 615 Pharmacology and theraputics
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Ahlis Ahwan
Date Deposited: 02 Jul 2020 06:44
Last Modified: 02 Jul 2020 06:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11317

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics