Tanggung jawab orang tua pada anak usia pra sekolah (0-6 tahun) dalam perspektif pendidikan Islam

Khilmiyati, Rosihah (2008) Tanggung jawab orang tua pada anak usia pra sekolah (0-6 tahun) dalam perspektif pendidikan Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_3101018_rosihah_khilmiyati]
Preview
Text (skripsi_3101018_rosihah_khilmiyati)
3101018_ROSIHAH_KHILMIYATI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rosihah Khilmiyati (Nim : 3101018). Tanggung Jawab Orang Tua Pada Anak Usia Pra Sekolah (0-6 tahun) dalam Perspektif Pendidikan Islam. Skripsi, Semarang : Program Strata I, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Trabiyah IAIN Walisongo Semarang 2008.

Penelitia ini bertujuan untuk mengetahui : Bagaimana tanggung jawab orang tua serta peranannya dalam pendidikan anak pra sekolah (0-6 tahun) dalam perspektif pendidikan Islam.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan metode content analysis, yaitu metode analisis yang menitik beratkan pada pemahaman isi dan maksud yang sebenarnya dari sebuah data. Pendekatan yang penulis gunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu : data yang terkumpul kemudian dinalisis sehingga menjadi satu kesatuan yang konklusisf dengan menggunakan pendekatan induktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Tanggung Jawab Orang Tua Pada Anak Usia Pra Sekolah (0-6 tahun) dalam perspektif pendidikan Islam, sangat berperan penting terhadap perkembangan anak dan pendidikannya, karena pada masa ini sangat vital (golden age) terhadap pertumbuhan anak, baik dari segi pertumbuhan jasamani, pertumbuhan otak, maupun pertumbuhan rohani, karena pada masa ini anak biasanya akan meniru apa yang diperbuat oleh orang tuanya, apakah perbuatan itu baik atau pun buruk. Oleh karena itu pada masa ini orang tua harus memperhatikan anaknya secara lebih ekstra dan mendidiknya pada hal-hal yang baik serta positif.
Setiap orang tua berkeinginan untuk mendidik anaknya secara baik dan berhasil. Meraka berharap anakny mempunya kepribadian, beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Anak yang berakhlak mulia, berbakti kepada orang tua, serta berguna bagi dirinya, keluarga, masyarakat, nusa bangsa, negara, juga bagi agamanya. Upaya mencerdaskan anak itu harus dimulai sedini mungkin agar anak tumbuh dan berkembang menjadi anak cerdas. Salah satu upaya yang paling dini dan paling fundamental adalah berdo’a kepada Allah SWT., memohon agar anak yang akan dipercayakan kepada kita itu nanti adalah anak yang cerdas yang shaleh, dan memohon petunjuk agar kita diberi kemampuan memelihara, mengasuh dan mendidiknya. Keridhoan Allah Swt. Akan menjadi landasan utama dalam mewujudkan upaya mencerdaskan anak Selanjutnya secara dini pula orang tua perlu memahami beberapa aspek pertumbuhan dan perkembangan anak sejak kehidupan dimulai, selama dalam kandungan, sampai lahir di dunia. Dengan pemahaman ini, upaya yang berupa pemeliharaan dan asuhan dapat dilakukan sedini mungkin.
Dari hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi dan masukan bagi orang tua, mahasiswa, tenaga edukatif, para peneliti dan semua pihak yang berkepentingan, baik dilingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo maupun bagi parktisi pendidikan dan khalayak umum, Amin.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan anak; Pra sekolah; Orang tua; Pendidikan Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 29 Jun 2020 03:31
Last Modified: 29 Jun 2020 03:31
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11326

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics