Penerapan quantum teaching dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Al Qur’an hadits kelas V di MI Al Khoiriyyah 1 Semarang

Nurdin, Arif (2008) Penerapan quantum teaching dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Al Qur’an hadits kelas V di MI Al Khoiriyyah 1 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_31010098_arif_nurdin]
Preview
Text (skripsi_31010098_arif_nurdin)
31010098-Arif-Nurdin-Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Arif Nurdin (NIM: 3101098). “Penerapan Quantum Teaching dalam Meningkatkan Hasil belajar Mata Pelajaran al-Qur’an Hadits Kelas V di MI Al Khoiriyyah 1 Semarang”. Skripsi. Semarang : Program strata I jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Walisongo 2008.

Rumusan Masalah: Bagaimana penerapan quantum teaching untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran al-Qur'an hadits kelas V MI Al-Khoiriyyah 1 Semarang ?

Penelitian ini untuk mengetahui: Penerapan quantum teaching dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran al-Qur'an hadits kelas V MI Al-Khoiriyyah 1 Semarang..

Jenis penelitian ini adalah Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data-data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, dokuumentasi dan wawancara yang selanjutnya dianalisis dengan menggunakan teknik analisa deskriptif.

Pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an hadits kelas V di MI Al Khoiriyyah 1 Semarang dengan menggunakan model Quantum teaching baru dimulai pada tahun pelajaran 2007/2008, setelah para guru di Madrasah ini mendapatkan pelatihan Quantum teaching dari Konsorsium Pendidikan Islam Surabaya pada bulan Juli tahun lalu.

Dilihat dari segi sarana prasarana (fasilitas) dan dana yang menjadi ‘momok’, tidak dapat dihindarkan oleh guru al-Qur’an hadits untuk menerapkan Quantum teaching dalam pembelajaran secara serius, bahkan terkadang keduanya dianggap problem utama. Secara teori Quantum teaching menjelaskan bagaimana memaksimalkan kreatifitas guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, tetapi tidak mengharuskan guru memaksakan adanya fasilitas yang mahal atau yang canggih. Justru dengan kreatifitasnya guru diharapkan dapat menciptakan fasilitas atau media pembelajaran yang tidak mahal tetapi berharga dan bermanfaat terutama memaksimalkan proses pembelajaran sehingga hasil belajar yang diharapkan dapat memuaskan. Tidak berhenti disitu saja, dari model Quantum teaching diharapkan juga dapat memacu peserta didik lebih kreatif secara kognitif, afektif maupun psikomotoriknya dengan melihat atau meneladani kreatifitas guru.

Hasil penelitian menunjukkan : Pelaksanaan Quantum teaching dalam pembelajaran al-Qur’an hadits menerapkan prinsip “Bawalah dunia anak pada dunia kita dan antarkan dunia kita ke dunia mereka”, Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan meninggalkan ZONA NYAMAN, yang diimplikasikan pada rumus AMBAK (Apa Manfaat Bagi Ku) dengan teknik pembelajaran TANDUR (Tanamkan, Alami, Namai, Demonstrasikan dan Rayakan), Dalam pembelajaran al-Qur’an hadits guru sedang melaksanakan proses berdasarkan model Quantum teaching. Hal ini dapat dibuktikan adanya :
1. Inovasi-inovasi guru dalam membawa peserta didik untuk menikmati komunitas belajar yang diciptakannya.
2. Mulai dari awal pembelajaran sampai akhir mereka terlihat antusias, semangat dan tidak jenuh.
3. Suasana ruang kelas dibuat semarak, nyaman dan menyenangkan dengan berbagai lambang dan hiasan yang menggugah semangat.

Selanjutnya, dari pelaksanaan Quantum teaching pada pembelajaran al Qur’an hadits kelas V di MI Al Khoiriyyah 1 Semarang peneliti mendapatkan bahwa hasil belajar siswa sedikitnya ada perkembangan lebih baik, begitu juga hasil prestasi siswa ada peningkatan. Hal ini dapat penulis paparkan dengan perbandingan data presensi dihari Ahad dari bulan Desember 2007 s/d 2008 dan data hasil belajar al Qur’an hadits kelas V semester ganjil dan hasil belajar tengah semester genap.

Kemudian dari kajian dan temuan diatas, kiranya dapat dijadikan sebagai acuan untuk menyusun dan merumuskan suatu strategi yang efektif guna mengembangkan pembelajaran yang menyenangkan, khususnya pada era otonomi pendidikan seperti sekarang ini. Sehingga dapat terwujud suatu proses pelaksanaan pembelajaran yang sesuai dengan fungsi dan tujuan pembelajaran PAI, khususnya al-Qur’an hadits berdasar pada Kurikulum 2006 ( Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan/ KTSP ).

Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan pemikiran, informasi dan masukan bagi pemerintah selaku penanggung jawab pendidikan secara umum, lembaga-lembaga pendidikan, para pemikir pendidikan, mahasiswa, dan seluruh pihak yang membutuhkannya di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Quantum teaching; Hasil belajar; Baca tulis Alquran
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 29 Jun 2020 04:32
Last Modified: 29 Jun 2020 04:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11329

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics