Faktor yang mempengaruhi kecepatan menghafal Al-Qur’an antara santri mukim dan nonmukim di Pesantren Zaidatul Ma’arif Kauman Parakan Temanggung

Fitriyah, Darlimatul (2008) Faktor yang mempengaruhi kecepatan menghafal Al-Qur’an antara santri mukim dan nonmukim di Pesantren Zaidatul Ma’arif Kauman Parakan Temanggung. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_3101100_darlim]
Preview
Text (skripsi_3101100_darlim)
3101100_Darlim_Skripsi_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Darlimatul Fitriyah (NIM. 3101100). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Menghafal al-Qur’an antara Santri Mukim dan Nonmukim di Pesantren Za>idatul Ma’a>rif Kauman Parakan Temanggung. Skripsi Semarang Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo, 2007.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) faktor yang mempengaruhi kecepatan menghafal al-Qur’an santri mukim di Pondok Pesantren Za>idatul Ma’a>rif Kauman Parakan Temanggung; 2) Untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi kecepatan menghafal al-Qur’an santri nonmukim di Pondok Pesantren Za>idatul Ma’a>rif Kauman Parakan Temanggung; 3) persamaan dan perbedaan yang mempengaruhi kecepatan menghafal al-Qur’an antara santri mukim dengan santri nonmukim di Pondok Pesantren Za>idatul Ma’a>rif Kauman Parakan Temanggung.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (fiel research), sedangkan sifat analisisnya datanya adalah kualitatif. Metode yang digunakan untuk memperoleh data melalui metode angket, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif analitis dan komparatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan menghafal al-Qur’an santri mukim di Pondok Pesantren Za>idatul Ma’a>rif dapat dikelompokkan menjadi dua faktor, yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor-faktor internal meliputi: motivasi, minat, bakat dan usia santri. Faktor eksternal meliputi: metode yang digunakan, waktu yang untuk menghafal dan lingkungan untuk menghafal. 2) faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan santri nonmukim dalam menghafal al-Qur’an sangat bervariatif, dikarenakan santri nonmukim menghafal al-Qur’an di luar pondok pesantren, sehingga banyak ditemui kendala dan hambatan. Faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan santri dalam menghafal al-Qur’an meliputi: motivasi dan minat santri untuk dapat menghafal al-Qur’an dengan sebaik-baiknya. 3) persamaan faktor-faktor yang mempengaruhi percepatan menghafal al-Qur’an antara santri mukim dan nonmukim di Pondok Pesantren Za>idatul Ma’a>rif antara lain persamaan bakat dan minat dan metode yang digunakan. Santri mukim dan nonmukim sama-sama memiliki bakat yang tinggi dalam menghafal al-Qur’an. Selain persamaan tersebut, metode yang digunakan juga sama, yaitu wah}dah, mura>ja’ah dan tasmi>’.
Perbedaan faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan menghafal al-Qur’an antara santri mukim dan nonmukim di Pondok Pesantren Za>idatul Ma’a>rif dapat dilihat dari perbedaan motivasi, waktu, lingkungan dan fasilitas yang digunakan. Santri mukim menghafal al-Qur’an lebih banyak didorong oleh keinginan sendiri, sedangkan santri nonmukim selain didorong dirinya sendiri juga didorong oleh orang tua. Dari segi waktu, santri mukim lebih dapat mengatur waktu dengan baik dan menghafal sesuai jadwal di pondok pesantren dari pada santri nonmukim yang sulit melakukan manajemen waktu dengan baik dan menghafal tidak mengikat (sesuai keinginan dan kebutuhan). Dari segi lingkungan, lingkungan yang digunakan santri mukim lebih mendukung, dapat berkonsentrasi, dapat melakukan muraja’ah dengan sesama santri dan tidak banyak disibukkan dengan aktivitas pondok. Lingkungan santri nonmukim kurang mendukung, tidak dapat berkonsentrasi, tidak dapat melakukan muraja’ah dan banyak disibukkan dengan aktivitas rumah. Dari segi fasilitas yang digunakan, fasilitas santri mukim lebih memadai untuk menghafal dan santri tidak dapat memakai media pendukung lain, sedangkan bagi santri nonmukim fasilitas yang penunjang kurang memadai untuk menghafal dan biasa memanfaatan media lain untuk menghafal, misalnya VCD player, CD Murattal
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumbangan dan bahan informasi bagi khazanah ilmu pengetahuan serta masukan bagi civitas akademika dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Tahfidz Alquran; Santri mukim; Santri nonmukim
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.1 Sources of Islam > 297.12 Al-Quran and Hadith > 297.122 Al-Quran > 297.1224 Recitation and Reading
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 29 Jun 2020 04:40
Last Modified: 29 Jun 2020 04:40
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11330

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics