Penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 16 Mijen Semarang

Maghfur, Ahmad (2008) Penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 16 Mijen Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_ahmad_maghfur]
Preview
Text (skripsi_ahmad_maghfur)
3101120_AHMAD_MAGHFUR.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ahmad Maghfur, (NIM: 3101120). Studi tentang Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 16 Mijen Semarang. Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang, 2008.
Penelitian ini bertujuan : (1) Mengetahui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 16 Mijen Semarang (2) factor penunjang dan penghambat penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual di SMA Negeri 16 Mijen Semarang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu mendeskripsikan gejala, peristiwa serta kejadian yang terjadi yaitu berupa Penerapan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 16 Mijen Semarang. Metode pengumpulan data yang dipakai adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan pola berfikir induktif.
Hasil dari penelitian ini adalah bahwa penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 16 Semarang dapat berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dalam KBM-nya selalu menggunakan berbagai metode, media, dan sumber belajar. Disamping itu, SMA Negeri 16 Semarang juga mengkaji materi yang telah diajarkan dan melihat kondisi siswa sebagai subjek pendidikan, sarana, rencana pembelajaran hingga pada penilaian sebenarnya. Dalam penilaian PAI tidak hanya melalui tes tertulis tetapi juga pengamatan terhadap perkembangan kemampuan dan tingkah laku siswa dalam mengikuti pembelajaran PAI serta dalam kehidupan mereka sehari-hari. Jadi, ketujuh komponen pendekatan pembelajaran kontekstual yaitu: konstruktivisme, inquiry, bertanya, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi, dan penilaian autentik; sudah ada dan diterapkan sebagai pendekatan pembelajaran pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 16 Mijen Semarang ini.
Adapun faktor pendukung dalam penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual di SMA Negeri 16 Semarang adalah: profesionalisme guru yang cukup memadai, selain itu tidak adanya guru yang merangkap sehingga proses belajar-mengajar tidak terbengkalai; ketersediaan media yang cukup memadai baik media elektronik, alat peraga, maupun media alam; lingkungan masyarakat yang baik Sedangkan faktor penghambat dalam penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual di SMA Negeri 16 Mijen Semarang adalah: perbedaan latar belakang siswa baik latar belakang sosial maupun budaya, sehingga siswa cenderung individual dalam pembelajaran; keterbatasan pengetahuan anak dalam memahami suatu materi pembelajaran; sebagian siswa cenderung malu dan pasif untuk mengungkapkan pengalamannya yang berkaitan dengan materi.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pengajar, para praktisi pendidikan, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kontekstual; Metode pembelajaran; Pendidikan agama Islam (PAI)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 29 Jun 2020 04:57
Last Modified: 29 Jun 2020 04:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11332

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics