Implementasi evaluasi ranah afektif untuk pembelajaran akidah akhlak di MA NU Nurul Huda Mangkang Tugu Semarang

Ghofur, M. Abdul (2008) Implementasi evaluasi ranah afektif untuk pembelajaran akidah akhlak di MA NU Nurul Huda Mangkang Tugu Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_3101128_m_abdul_ghofur]
Preview
Text (skripsi_3101128_m_abdul_ghofur)
3101128_M_Abdul_Ghofur.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

M. Abdul Ghofur (NIM. 3101128). Implementasi Evaluasi Ranah Afektif Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di MA NU Nurul Huda Mangkang Semarang. Skripsi Semarang Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo, 2008.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) implementasi evaluasi ranah afektif dalam pembelajaran akidah akhlak di MA NU Nurul Huda Tugu Semarang; 2) faktor pendukung dan penghambat implementasi evaluasi ranah afektif dalam pembelajaran akidah akhlak di MA NU Nurul Huda Tugu Semarang.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis non statistik, yaitu menggunakan analisis deskriptif, bukan dalam bentuk angka melainkan dalam bentuk laporan dan uraian deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ranah afektif merupakan tipe hasil belajar yang nampak pada berbagai tingkah laku siswa. Implementasi evaluasi ranah afektif pada pembelajaran akidah akhlak di MA NU Nurul Huda Semarang Ranah dapat dilihat dari perhatian siswa terhadap mata pelajaran pendidikan agama Islam, misalnya akidah akhlak, kedisiplinan dalam mengikuti pelajaran agama di sekolah, motivasinya yang tinggi untuk mengetahui lebih banyak mengenai pelajaran agama Islam yang diterimanya, penghargaan atau rasa hormatnya terhadap guru agama pendidikan agama Islam dan lain sebagainya. Evaluasi ranah afektif dalam pembelajaran akidah akhlak di MA NU Nurul Huda meliputi domain: menerima, merespon, menghargai, mengorganisasikan nilai, mewatak. Pengembangan klasifikasi menerima, meliputi: memperhatikan dan merespon; merespon ditunjukkan dengan memperoleh sikap responsive, bersedia merespon atas pilihan sendiri dan merasa puas dalam merespon; menghargai ditunjukkan dengan menerima, mendambakan nilai, merasa wajib mengabdi kepada nilai; mengorganisasikan nilai ditunjukkan dengan mengkonseptualisasikan nilai, organisasi system nilai; dan mewatak dapat dilihat dari pemberlakuan secara umum perangkat nilai. Kendala yang dihadapi dalam evaluasi ranah afektif adalah faktor waktu dan faktor pembuatan instrumen. Waktu yang digunakan untuk evaluasi ranah afektif adalah jangka panjang, karena tidak dapat dilakukan sekolah (dalam kelas), namun juga dilakukan di luar kelas, misalnya di rumah dan masyarakat dengan melibatkan orang tua.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumbangan dan bahan informasi bagi khazanah ilmu pengetahuan serta masukan bagi civitas akademika dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran afektif; Evaluasi pembelajaran; Pendidikan agama Islam (PAI); Akidah akhlak
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 29 Jun 2020 05:10
Last Modified: 28 Jul 2021 07:03
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11334

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics