Pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI IPA SMA N 3 Semarang

Sukarno, Sukarno (2009) Pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI IPA SMA N 3 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_3104017_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM_3104017_Skripsi_Lengkap)
3104017_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

SUKARNO (NIM. 3104017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas XI IPA SMA N 3 Semarang. Skripsi. Semarang: Program Strata 1 Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Walisongo, 2008.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Bagaimanakah penggunaan media pembelajaran di kelas XI IPA SMA N 3 Semarang, 2) Bagaimanakah prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa kelas XI IPA SMA N 3 Semarang, 3) Apakah ada pengaruh antara penggunaan media pembelajaran (X) terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam (Y) siswa kelas XI IPA SMA N 3 Semarang.
Penelitian ini menggunakan metode survai. Subyek penelitian sebanyak 40 siswa/responden yang diambil dari 10% dari populasi 397 siswa. Menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner angket untuk menjaring data X, dan informasi dokumenter prestasi belajar pendidikan agama Islam untuk menjaring data Y. instrumen kuesioner sebelum digunakan untuk mendapatkan data yang obyektif, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas.
Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan analisis regresi linier satu prediktor. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan media pembelajaran di SMA N 3 Semarang kelas XI IPA dapat dikatagorikan cukup baik artinya dengan melihat nilai rata-rata penggunaan media pembelajaran sebesar 32,68 nilai ini menunjukkan bahwa guru dalam katagori diantara sering dan kadang-kadang menggunakan media pembelajaran dan siswa dalam katagori paham dan kurang paham dalam menerima materi pelajaran, (2) Prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa kelas XI IPA SMA N 3 Semarang dalam katagori cukup tinggi (Pandai) dengan melihat nilai rata-rata kelas sebesar 83,33, (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan media pembelajaran dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI), ditunjukkan oleh Rxy = 0,448 dan R2xy = 0,20, maka pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPA SMA N 3 Semarang sebesar 0,20 x 100 = 20%.
Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa: “Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan media pembelajaran dengan prestasi belajar PAI Siswa kelas XI IPA SMA N 3 Semarang” sebesar 20% yang ditunjukkan oleh F hitung = 9,523 pada taraf kebenaran 0,01 = 7,35 dan untuk taraf kebenaran 0,05 = 4,10. maka perbandingan F hitung > F tabel.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para siswa, guru serta kepala sekolah di SMA N 3 Semarang, serta civitas akademika dan semua pihak agar dapat menggunakan media pembelajaran yang ekonomis dan efisien secara efektif guna mencapai tujuan pembelajaran yang ingin dicapai atau direncanakan sebelumnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Prestasi Belajar; Pendidikan Agama Islan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
300 Social sciences > 370 Education > 377 Schools and religion
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Muhammad
Date Deposited: 02 Jul 2020 07:04
Last Modified: 02 Jul 2020 07:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11342

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics