Peran Kelompok Kerja Madrasah Diniyah (KKMD) dalam pengembangan sistem evaluasi hasil pembelajaran pada pendidikan madrasah diniyah : studi terhadap KKMD Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak tahun 2007

Kharis, Anwar (2008) Peran Kelompok Kerja Madrasah Diniyah (KKMD) dalam pengembangan sistem evaluasi hasil pembelajaran pada pendidikan madrasah diniyah : studi terhadap KKMD Kecamatan Karangtengah Kabupaten Demak tahun 2007. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo Semarang.

[thumbnail of skripsi_3101251_anwar_kharis]
Preview
Text (skripsi_3101251_anwar_kharis)
3101251_ANWAR_KHARIS.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Anwar Kharis (NIM: 3101251). Peran Kelompok Kerja Madrasah Diniyah (KKMD) Dalam Pengembangan Sistem Evaluasi Hasil Pembelajaran Pada Pendidikan Madrasah Diniyah; Studi Terhadap KKMD Kecamatan Karang Tengah Kabupaten Demak Tahun 2007. Skripsi. Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo, 2008.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Langkah-langkah Kelompok Kerja Madrasah Diniyah (KKMD) kecamatan Karangtengah kabupaten Demak dalam mengembangkan sistem evaluasi hasil pembelajaran pada pendidikan Madrasah Diniyah tahun 2007, 2) Sistem evaluasi hasil pembelajaran pendidikan pada Madrasah Diniyah kecamatan Karangtengah kabupaten Demak tahun 2007.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field reseach). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Data penelitian yang terkumpul kemudian didiskripsikan dengan menunjukkan bukti-buktinya.
Dan data dianalisis dengan menggunakan analisis proses atau analisis aktifitas, yang bertujuan mengetahui langkah-langkah KKMD kecamatan Karangtengah kabupaten Demak dalam mengembangkan evaluasi hasil pembelajaran pada pendidikan Madrasah Diniyah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah KKMD Kecamatan Karangtengah dalam pengembangan sistem evaluasi hasil pembelajaran pada pendidikan Madrasah Diniyah dapat dilihat dari beberapa tahap, yaitu 1) tahap perencanaan, 2) tahap pelaksanaan dan 3) tahap pelaporan hasil evaluasi. Pertama, tahap perencanaan meliputi pengembangan spesifikasi tes (penentuan tujuan, penyusunan kisi-kisi soal, perencanaan banyak sedikitnya soal dan penerbitan jadwal penerbitan soal/penggandaan), penulisan soal, dan penelaahan, perbaikan serta perakitan soal (pentashihan soal). Kedua, tahap pelaksanaan evaluasi Ujian Akhir Madrasah (UAM), meliputi pengambilan kebijakan guna kelancaran dan ketertiban pelaksanaan evaluasi yaitu penyusunan tata tertib dan ketentuan pelaksanaan yang menyangkut waktu, tempat duduk, peserta didik, pengawas dan jenis bidang studi yang diteskan. Sedangkan pada evaluasi catur wulan kebijakan hanya berupa pemantauan pelaksanaan evaluasi. Dan ketiga, tahap pelaporan hasil evaluasi bentuk UAM, KKMD mengambil kebijakan sistem koreksi silang. Sedangkan pada sistem catur wulan diserahkan sepenuhnya kepada Madrasah Diniyah selaku penyelenggara evaluasi. Dan KKMD dalam pengembangan sistem evaluasi hasil pembelajaran pada pendidikan Madrasah Diniyah berperan sebagai: 1) perencana (planner), 2) pelaksana (organizer) dan 3) penilai (evaluator).
Dalam pendidikan Madrasah Diniyah di kecamatan Karangtengah, ada 3 bentuk kegiatan pelaksanaan evaluasi, yaitu ulangan harian, catur wulan dan ujian akhir madrasah (UAM). Sistem evaluasi pendidikan Madrasah Diniyah di kecamatan Karangtengah dilihat dari segi prosedur atau langkah-langkah pokok dapat dikatakan “cukup baik”. Perencanaan evaluasi meliputi pengembangan spesifikasi tes, penulisan soal dan penelaahan, perbaikan (pentashihan) serta perakitan soal.
Pelaksanaan evaluasi sistem catur wulan diserahkan kepada Madrasah Diniyah dan mendapatkan pemantauan dari panitia evaluasi yang dibentuk oleh KKMD. Sedangkan pada UAM, disusun tata tertib dan ketentuan pelaksanaan evaluasi, baik menyangkut pengawas, peserta ujian maupun bidang studi yang bersangkutan. Dan dalam tahap pelaporan hasil evaluasi, koreksi hasil evaluasi sistem catur wulan dan penentuan kenaikan kelas diserahkan kepada Madrasah Diniyah penyelenggara evaluasi. Sedangkan kebijakan yang diambil dalam UAM adalah koreksi silang. Dan penentuan kelulusan menggunakan acuan patokan dengan batas minimal 50% untuk bidang studi Al-Qur’an dan hadits dan 60% untuk bidang studi lainnya.
Hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pengajar, para praktisi pendidikan, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Evaluasi pembelajaran; Pendidikan diniyah; Kelompok Kerja Madrasah Diniyah (KKMD)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 29 Jun 2020 08:32
Last Modified: 28 Jul 2021 05:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11346

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics