Implementasi pelaksanaan kurikulum muatan lokal berbasis agama untuk mencapai standar kompetensi kelulusan (studi di Madrasah Tsanawiyah-Aliyah At-Tanwir Talun Sumberrejo Bojonegoro)

Hanifah, Umi (2009) Implementasi pelaksanaan kurikulum muatan lokal berbasis agama untuk mencapai standar kompetensi kelulusan (studi di Madrasah Tsanawiyah-Aliyah At-Tanwir Talun Sumberrejo Bojonegoro). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_3104038_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM_3104038_Skripsi_Lengkap)
3104038_Skrispsi_Lengkap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Umi Hanifah (NIM : 3104038). Implementasi Pelaksanaan Kurikulum Muatan Lokal Berbasis Agama Untuk Mencapai Standar Kompetensi Kelulusan (Studi di Madrasah Tsanawiyah-Aliyah at-Tanwir Talun Sumberrejo Bojonegoro). Skripsi. Semarang : Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo, 2009.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : seberapa jauh implementasi pelaksanaan kurikulum muatan lokal berbasis agama dalam mencapai standar kompetensi kelulusan di Madrasah Tsanawiyah-Aliyah Islamiyah (MTs AI) at-Tanwir Talun Sumberrejo Bojonegoro.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang mempunyai karakteristik bahwa data dinyatakan dalam keadaan sewajarnya atau sebagaimana adanya (natural setting), dengan tidak mengubah bentuk simbol atau angka. Untuk mengumpulkan data digunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian teknik analisisnya deskriptif kualitatif.
Data hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kurikulum muatan lokal berbasis agama di MTs - AI at-Tanwir Talun Sumberrejo Bojonegoro dilakukan dengan cara menambah mata pelajaran yaitu : Imla’, Insya’, Muthala’ah, Mahfudhat, Nahwu, Sharaf, Tamrin Lughatul Arabiyah, Balaghah Al-Quran, Tajwid, Tafsir, Ilmu Tafsir, fiqih, usul Fiqih, Ilmu Musthalahul Hadits, Aqa’id, Ilmu Faraid, Ilmu Mantiq, Tarikh Tasyri’ Islam, Ta’limul Muta’alim, Bidayatul Hidayah, Nashaihul ‘Ibad , khat, Tarbiyatul Alamiyah, Tarbiyatul Amaliyah, Ilmu Nafs, muhadlarah. Sedangkan dalam pelaksanaannya, kurikulum muatan lokal berbasis agama di MTs - AI at-Tanwir Talun Sumberrejo Bojonegoro dikatakan cukup efektif karena kurikulum yang diterapkan menggunakan kurikulum kombinasi yaitu dari Departemen Agama, Kurikulum Departemen Pendidikan Nasional, Kurikulum Kulliyatul Mu’alimin Islamiyah (KMI) Pondok Modern Gontor Ponorogo serta kurikulum ala pesantren salaf.
Standar kelulusan yang digunakan di MTs-AI at-Tanwir Talun Sumberrejo Bojonegoro tetap mengacu pada Peraturan Menteri No.22, 23 dan 24 Tahun 2006. yang disebut dengan KTSP. Di samping itu, di MTs-AI at-Tanwir Talun Sumberrejo Bojonegoro juga menetapkan kriteria ketuntasan minimal (KKM) belajar yang digunakan sebagai dasar acuan dalam penentuan kelulusan siswa. Pelaksanaan pembelajaran muatan lokal dikatakan berhasil yaitu dapat dilihat dengan adanya evaluasi. Madrasah melaksanakan dua macam ujian, ujian semesteran yang diselenggarakan oleh Depag dan imtihan lokal yang terdiri dari imtihan syafahi (lesan) dan imtihan tahriri (tulis). Dari hasil penelitian, tingkat pencapaian penguasaan peserta didik pada mata pelajaran muatan lokal berbasis agama dapat dikatakan berhasil dan efektif, karena 97 % peserta didik dapat menguasai kompetensi dasar dalam mata pelajaran muatan lokal berbasis agama.
Data hasil penelitian ini, diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para sivitas akademika, para mahasiswa, para tenaga pengajar mata kuliah jurusan dan program studi di Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang, terutama dalam memberi dorongan kepada mahasiswa agar senantiasa meningkatkan motivasi berprestasi secara lebih memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: muatan lokal; pendidikan agama islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Muhammad
Date Deposited: 02 Jul 2020 07:06
Last Modified: 02 Jul 2020 07:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11377

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics