Prestasi belajar mata pelajaran rumpun agama siswa kelas I – V MIS Yatalatop di Bogor Jawa Barat : studi perbandingan antara siswa yang mengikuti dan tidak mengikuti pembelajaran di madrasah diniyah

Malikhah, Siti (2008) Prestasi belajar mata pelajaran rumpun agama siswa kelas I – V MIS Yatalatop di Bogor Jawa Barat : studi perbandingan antara siswa yang mengikuti dan tidak mengikuti pembelajaran di madrasah diniyah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_3101255_siti_malikhah]
Preview
Text (skripsi_3101255_siti_malikhah)
3101255_SITI_MALIKHAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Siti Malikhah (3101255) prestasi belajar mata pelajaran rumpun agama siswa kelas I-V Madrasah Ibtidaiyah Islam (MIS) Yatalatop di Bogor Jawa Barat (studi perbandingan antara siswa yang mengikuti dan tidak mengikuti pembelajaran di Madrasah Diniyah).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) bagaimanakah prestasi mata pelajaran rumpun agama siswa kelas I-V Madrasah Ibtidaiyah Islam Yatalatop yang mengikuti pembelajaran di Madrasah Diniyah, (2) bagaimanakah prestasi mata pelajaran rumpun agama siswa kelas I-V Madrasah Ibtidaiyah Islam Yatalatop yang tidak mengikuti pembelajaran di Madrasah Diniyah, (3) perbedaan prestasi mata pelajaran rumpun agama siswa kelas I-V Madrasah Ibtidaiyah Islam Yatalatop yang mengikuti dan tidak mengikuti pembelajaran di Madrasah Diniyah.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif, sehingga dalam menganalisis data penulis menggunakan metode survei dengan teknik komparasi. Adapun untuk pengumpulan data penulis menggunakan studi kepustakaan dan studi lapangan dengan menggunakan metode dokumentasi, metode wawancara atau interview, dan metode observasi.

Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan rumus t-tes. Dari variabel yang ada, yaitu variabel X1 (prestasi belajar mata pelajaran rumpun agama siswa kelas I-V MIS Yatalatop yang mengikuti pembelajaran di Madrasah Diniyah) terdapat nilai rata-rata 70,5 termasuk kategori baik, sedangkan variabel X2 (prestasi belajar mata pelajaran rumpun agama siswa kelas I-V MIS Yatalatop yang tidak mengikuti pembelajaran di Madrasah Diniyah) terdapat nilai rata-rata 66,667 dan termasuk kategori cukup.

Pengujian hipotesis menggunakan analisis t-test. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dalam bidang prestasi belajar mata pelajaran rumpun agama siswa kelas IV MIS Yatalatop Bogor Jawa Barat. Hal ini dapat diketahui dari X0 (nilai t-test hasil observasi atau empirik) yaitu 2,183 yang ternyata lebih besar pada tingkat signifikan 5% yaitu 1,990.

Dan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa mata pelajaran rumpun agama antara siswa yang mengikuti dan yang tidak mengikuti pembelajaran di Madrasah Diniyah terdapat perbedaan prestasi. Informasi ini diharapkan dapat menjadi motivasi pada siswa yang belum mengikuti pembelajaran di madrasah diniyah, agar belajar lebih giat lagi, atau ikut pada pembelajaran di Madrasah Diniyah. Bagi siswa yang sudah mengikuti pembelajaran di madrasah diniyah juga diharapkan dapat meningkatkan prestasinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar; Pendidikan agama Islam; Madrasah diniyah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 30 Jun 2020 03:15
Last Modified: 30 Jun 2020 03:15
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11380

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics