Nilai-nilai pendidikan akhlak pada seni bela diri pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate : studi analisis dokumen PSHT Komisariat IAIN Walisongo

Rohmatik, Alfan (2008) Nilai-nilai pendidikan akhlak pada seni bela diri pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate : studi analisis dokumen PSHT Komisariat IAIN Walisongo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_3101331_alfan_rohmatik]
Preview
Text (skripsi_3101331_alfan_rohmatik)
3101331_Alfan_Rohmatik.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Alfan Rohmatik (NIM: 3101331). Nilai-nilai Pendidikan Akhlak dalam Seni Bela Diri Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate (Studi Analisis Dokumen PSHT di Komisariat IAIN Walisongo). Skripsi Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo tahun 2008.

Penelitian ini bertujuan mengetahui 1). Nilai-nilai pendidikan akhlak yang ada pada seni beladiri pencak silat; 2. Nilai-nilai pendidikan akhlak pada Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT)
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, menggunakan metode Content Analize (analisis isi) yakni analisis tentang isi pesan atau komunikasi yang ada. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan metode: 1). Dokumentasi yakni mencari data mengenai variabel yang berupa catatan, buku, surat kabar, majalah, prasasti, dan lain-lain. 2). wawancara berupa tanya jawab untuk konfirmasi terhadap dokumen yang ada dan perkembangan terbaru terkait aktivitas UKM PSHT di Komisariat IAIN Walisongo.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pencak silat selain berkonsentrasi pada pembinaan jasmani juga dapat digunakan sebagai pembinaan kejiwan, keberagamaan dan sikap sosial. Pencak silat terdapat empat aspek yaitu: Olah raga, bela diri, seni dan mental spiritual atau keruhanian, dari keempat aspek tersebut dapat membentuk sikap pemberani, percaya diri, tanggung jawab, rendah hati dan pantang menyerah.
Sedangkan PSHT sendiri selain keempat aspek tersebut juga menambah sebuah aspek yang dianggap sangat penting yaitu aspek persaudaraan. Hal itu diharapkan mampu mewujudkan rasa kebersamaan, dan kekeluargaan. Jadi, PSHT memiliki lima aspek yang disebut "panca dasar" yakni 1. persaudaraan, 2. olah raga, 3. bela diri, 4. seni dan 5.keruhanian.
Selain itu nilai-nilai pendidikan akhlak ditanamkan dalam falsafah PSHT yang antara lain: akhlak kepada Sang Pencipta yaitu, jejering urip (lurusnya hidup), lungguhing urip (memaknai kehidupan), dan jumbuhing pati (menjemput kematian), dan akhlak kepada sesama yaitu wicaksana (bijaksana), anuraga (rendah hati), susila (berakhlak mulia), dan sudira (teguh pendirian dan berani membela kebenaran).
PSHT mewajibkan meninggalkan enam larangan dasar yang harus dijalankan oleh seluruh anggota, yang disebut dengan pepacuh (larangan), yaitu: 1. Tidak boleh berkelahi antar sesama anggota PSHT, 2. tidak menunjukkan kebolehan (pamer), 3. tidak merusak pager ayu (rumah tangga dan kebahagiaan orang lain), 4. tidak merusak purus ijo (sesuatu yang sedang berkembang, seperti keperawanan dan keperjakaan) 5. tidak merampas hak orang lain, 6. tidak menerima segala sesuatu yang tidak sah (suap).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan akhlak; Bela diri; Pencak silat
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
700 The arts > 790 Recreational and performing arts > 796 Athletic and outdoor sports and games
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 30 Jun 2020 03:57
Last Modified: 30 Jun 2020 03:57
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11396

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics