Manajemen pembelajaran berwawasan akhlak di SMA Futuhiyyah Mranggen

Syafi’i, Mohammad (2009) Manajemen pembelajaran berwawasan akhlak di SMA Futuhiyyah Mranggen. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_3102199]
Preview
Text (NIM_3102199)
3102199_Skripsi_Lengkap.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui implementasi manajemen pembelajaran berwawasan akhlak di SMA Futuhiyyah Mrangggen.
Skrispsi yang dilakukan ini adalah jenis penelitian yang bersifat deskriptif yang bertujuan untuk menguraikan secara tepat sifat-sifat suatu individu, keadaan, gejala atau kelompok tertentu. Adapun pendekatan yang digunakan adalah fenomenologi, pendekatan ini berusaha memahami arti peristiwa dan kaitan-kaitannya terhadap orang-orang biasa dalam situasi terdahulu. Penelitian yang digunakan penulis menggunakan metode kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati dan diarahkan pada latar ilmiah dan individu tersebut secara holistic (menyeluruh), metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara/interview, metode dokumentasi dan metode observasi/pengamatan.
Tehnik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis yaitu mendeskriptifkan pelaksanaan manajemen pembelajaran berwawasan akhlak di SMA Futuhiyyah Mranggen, kemudian menganalisisnya dengan bukti kebenaran data yang ada. Dalam hal ini analisis penulis memfokuskan pada perencanaan pembelajaran, pengorganisasian pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Tentunya dalam tehnik ini data yang diperoleh secara sistematis malalui hasil wawancara, dikumentasi dan observasi yang akan diolah atau dianalisis sesuai karakteristik penelitian yaitu induktif atau metode yang bertumpu pada fakta atau peristiwa yang dikaji lebih khusus yang selanjutnya dijadikan konklusi yang bersifat umum.
Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa manajemen pembelajaran merupakan bentuk alternatif pegelolaan kelas oleh pendidik dalam program desentralisasi pendidikan, yang ditandai dengan adanya otonomi yang luas dari tingkat sekolah. Manajemen pembelajaran secara operasional adalah keseluruhan proses belajar mengajar dalam rangka peningkatan mutu pendidikan yang diupayakan sendiri oleh pendidik bersama semua pihak yang terkait (stake holder) atau yang berkepentingan dengan mutu pendidikan. Pelaksanaan manajemen pembelajaran berwawasan akhlak di SMA Futuhiyyah dapat terlihat dalam pengintegrasian nilai-nilai akhlak dalam bidang studi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan manajemen pembelajaran berwawasan akhlak di SMA Futuhiyyah Mranggen berjalan dengan baik. Walaupun begitu masih butuh dukungan dari beberapa pihak agar penciptaan suasana sekolah yang kondusif dan penanaman nilai akhlak tertanam dengan baik oleh seluruh peserta didik. Karena bukan proses belajar mengajar yang sekali jadi, akan tetapi merupakan proses yang berlangsung secara terus menerus dan melibatkan semua pihak yang bertanggung jawab dalam penyelenggaraan pendidikan. Pelaksanaan manajemen pembelajaran berwawasan akhlak di SMA Futuhiyyah Mranggen telah berjalan sesuai dengan apa yang direncanakan sebelumnya.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, tenaga pengajar, para peneliti dan kepada semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen Pembelajaran; Pembelajaran Akhlak; Pendidikan SMA
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Affa Ardhi Saputri
Date Deposited: 02 Jul 2020 07:08
Last Modified: 02 Jul 2020 07:08
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11406

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics