Studi komparasi antara minat belajar PAI siswa dengan model pendekatan kontekstual dan model pendekatan konvensional di SMPN 36 Semarang

Maghfiroh, Khusnul (2008) Studi komparasi antara minat belajar PAI siswa dengan model pendekatan kontekstual dan model pendekatan konvensional di SMPN 36 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_3101378_khusnul_maghfiroh]
Preview
Text (skripsi_3101378_khusnul_maghfiroh)
3101378_Khusnul_Maghfiroh.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Khusnul Maghfiroh (NIM: 3101378), Studi Komparasi antara Minat Belajar PAI Siswa dengan Model Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dan Model Pendekatan Konvensional di SMPN 36 Semarang. Skripsi. Semarang: Program Strata I Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Walisongo, 2008.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :
1. Bagaimanakah minat belajar PAI siswa dengan model pendekatan kontekstual?
2. Bagaimanakah minat belajar PAI siswa dengan model pendekatan konvensional?
3. Adakah perbedaan minat belajar PAI siswa SMP Negeri 36 Semarang antara yang menggunakan model pendekatan kontekstual dengan pendekatan konvensional
Dalam pengumpulan data yang diperlukan, maka penulis menggunakan metode observasi, metode angket (kuosioner) dan metode dokumentasi. Dan dalam menganalisa data yang telah terkumpul dari penelitian yang bersifat kuantitatif deskriptif, maka penulis menggunakan metode survey dengan teknik komparasi cluster sampling.
Data penelitian yang terkumpul dari analisis dengan menggunakan rumus t-tets. Dari variabel yang ada yaitu variabel x1 (minat belajar PAI siswa kelas IX SMP N 36 Semarang dengan model pendekatan kontekstual) terdapat nilai rata-rata 65,36 termasuk kategori sangat baik, sedangkan variabel x2 (minat belajar PAI siswa kelas IX SMP N 36 Semarang dengan model pendekatan konvensional) terdapat nilai rata-rata 58,15 dan termasuk kategori baik.
Pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis t-test menunjukan bahwa terdapat perbedaan dalam minat belajar PAI siswa kelas IX SMP N 36 Semarang. Hal ini dapat diketahui dari nilai tes hasil observasi atau empirik yaitu 8,335 yang ternyata lebih besar pada tingkat signifikan 5 % yaitu 1,98 maupun pada taraf signifikan 1 % yaitu 2,617.
Dan dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa minat belajar PAI siswa antara menggunakan model pendekatan kontkstual dan model pendekatan konvensional di SMP N 36 Semarang terdapat perbedaan minat berdasarkan penelitian ini di harapkan menjadi bahan informasi dan masukkan bagi mahasiswa bagi para tenaga pengajar para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakuktas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Minat belajar; Model pembelajaran; Pendekatan kontekstual; pendekatan konvensional
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 30 Jun 2020 07:33
Last Modified: 30 Jun 2020 07:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11438

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics