Aktivitas keagamaan Khonghucu di Klenteng Kwan Sing Bio Kabupaten Tuban

Kusuma, Setiani (2009) Aktivitas keagamaan Khonghucu di Klenteng Kwan Sing Bio Kabupaten Tuban. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_4104029_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM_4104029_Skripsi_Lengkap)
4104029_Full Skripsi.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Aktivitas Keagamaan Khonghucu di Klenteng Kwan Sing Bio Kabupaten Tuban” sesuai dengan pokok permasalahan yang diangkat yaitu bagaimana aktivitas keagamaan Khonghucu di klenteng Kwan Sing Bio Tuban, bagaimana faktor penghambat dan pendukung aktivitas keagamaan di klenteng Kwan Sing Bio Tuban dan bagaimana peran organisasi-organisasi umat Khonghucu di klenteng Kwan Sing Bio Tuban. Yang melatar belakangi diadakan penelitian ini adalah kurangnya perhatian pemerintah terhadap klenteng Kwan Sing Bio. Padahal, klenteng merupakan tempat peribadatan yang penting bagi agama Khonghucu sebagaimana pentingnya masjid bagi umat Islam. Keberadaannya pada hakekatnya bagian dari kemajemukan bangsa Indonesia yang tak bisa dipungkiri. Di samping berfungsi sebagai tempat ritual, klenteng juga sebagai sarana sosial. Sehingga aktivitas klenteng menjadi salah satu tolak ukur keharmonisan antara agama satu dengan lainnya yang tidak boleh diabaikan oleh pemerintah.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui bentuk aktivitas keagamaan Khonghucu di kelenteng Kwan Sing Bio Kabupaten Tuban, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam aktivitas keagamaan Khonghucu di klenteng Kwan Sing Bio kabupaten Tuban dan untuk mengetahui peran organisasi-organisasi umat Khonghucu di klenteng Kwan Sing Bio kabupaten Tuban.
Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang memusatkan penelitian terhadap aktivitas keagamaan Khonghucu di klenteng Kwan Sing Bio kabupaten Tuban. Sedangkan untuk menunjang penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber primer adalah jenis data yang diperoleh langsung dari klenteng Kwan Sing Bio kabupaten Tuban. Sementara itu, untuk sumber sekunder adalah buku-buku yang berisi tentang hasil ulasan yang ada kaitannya dengan aktivitas keagamaan Khonghucu di klenteng Kwan Siong Bio kabupaten Tuban.
Hasil dari penelitian ini adalah aktivitas atau kegiatan keagamaan yang dilaksanakan di klenteng Kwan Sing Bio pada dasarnya dilaksanakan setiap hari oleh warga Tuban dan sekitarnya. Aktivitasnya terdiri dari aktivitas ritual dan aktivitas sosial yang kegiatanya membaur dengan masyarakat. Faktor pendukung aktivitas klenteng Kwan Sing Bio sangat banyak, diantaranya adanya dapur umum, kekeramatan, keberkahan, kemegahan klenteng. Sedangkan untuk faktor penghambat juga banyak, diantaranya waktu peribadatan bagi umat, dimana pada waktu yang yang ditetapkan umat memiliki kesibukan sehingga tidak dapat hadir, konflik yang terjadi antar pengurus dan perbedaan ras. Sementara itu, peran organisasi-organisasi keagamaan umat Khonghucu antara lain sebagai tempat untuk mengkoordinir klenteng Kwan Sing Bio dengan tempat ibadah lain, pusat sistem sosial keagamaan, proses integrasi berbagai konflik dan menumbuhkan prestise di lingkungan klenteng maupun masyarakat luas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Konghuchu; Ritual; Klenteng
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 203 Public worship and other practices
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 299 Other religions
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76234 - Studi Agama-agama
Depositing User: Ahlis Ahwan
Date Deposited: 02 Jul 2020 07:09
Last Modified: 02 Jul 2020 07:09
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11439

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics