Manajemen pemasaran jasa pendidikan lembaga pendidikan tinggi Islam : studi kasus di IAIN Walisongo Semarang

Sismanto, Andik (2008) Manajemen pemasaran jasa pendidikan lembaga pendidikan tinggi Islam : studi kasus di IAIN Walisongo Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_3101400_andik_ismanto]
Preview
Text (skripsi_3101400_andik_ismanto)
3101400_Andik_Sismanto.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Andik Sismanto (NIM: 3101400). “Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan Lembaga Pendidikan Tinggi Islam (Studi Kasus Di IAIN Walisongo Semarang)”. Skripsi. Semarang : Program Strata I jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Walisongo 2008.

Rumusan Masalah: 1) Analisis apa yang digunakan oleh IAIN Walisongo dalam menetapkan strategi pemasaran jasa pendidikan. 2) Bagaimana manajemen pemasaran jasa pendidikan tinggi Islam di IAIN Walisongo Semarang

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui Analisis yang digunakan oleh IAIN Walisongo Semarang dalam menetapkan strategi pemasaran jasa pendidikan. 2) Untuk mengetahui manajemen pemasaran jasa pendidikan tinggi Islam di IAIN Walisongo Semarang

Jenis penelitian ini adalah Penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan kualitatif, yakni prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dan orang-orang dan perilaku yang dapat diamati dan diarahkan pada latar alamiah dan individu tersebut secara holistik (menyeluruh). Fokus penelitian lebih ke arah manajemen pemasaran IAIN Walisongo yang meliputi strategi dan sistem pemasaran (promosi) yang digunakan. Metode pengumpulan data peneliti menggunakan beberapa metode, yakni: observasi, wawancara dan dokumentasi, setelah data terkumpul peneliti menganalisis dengan menggunakan analaisis keabsahan data dan trianggulalasi dengan member cek.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Analisis yang digunakan oleh IAIN Walisongo dalam menetapkan strategi pemasaran jasa pendidikan, yaitu analisis Visi dan Misi karena telah melakukan program penawaran yang sebagai pengejawantahan visi dan misi yang ingin di capai IAIN, Analisis Stakeholder karena melibatkan masyarakat sebagai partner dalam setiap program yang ditawarkan, Analisis kebutuhan karena menitikberatkan pada kebutuhan sosial keagamaan masyarakat dari program-programnya seperti bimbingan, prodi dan sebagainya, demikian dalam marketing lembaga pendidikan IAIN juga menggunakan Analisis SWOT karena selalu memperhatikan kelamahan, kelebihan, peluang dan hambatan dari setiap tindakan pemasaran yang dilakukan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan lembaga dan mengupayakan peningkatan mutu lembaga sebagai wujud dari tujuan yang dinginkan 2) Manajemen pemasaran jasa pendidikan tinggi yang dilakukan di IAIN Walisongo adalah penguatan pada masyarakat bahwa IAIN adalah lembaga yang peduli pada keaadaan sosial keagamaan masyarakat, proses manajemen pemasaran dilakaukan dilakukan mulai dari perencanaan yang pimpin oleh anggota UPMA yang melibatkan pihak rektorat, dekanat dan masyarakat sebagai stakeholder, sedang pelaksanaan dilakukan oleh dosen dan mahasiswa dengan dibawah pimpinan UPMA, pengawasan dilakukan pihak rektorat dengan memberikan saran, dan evaluasi yang dilakukan setiap selesai pekerjaan, model pemasaran dilakukan pihak IAIN dilakukan melalui jalur Muhibbah, pameran pendidikan maupun dilakukan dengan mengajak kerja sama media masa dan media elektronik, juga selebaran.

Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Manajemen pemasaran; Jasa pendidikan; Pendidikan tinggi Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 30 Jun 2020 07:44
Last Modified: 30 Jun 2020 07:44
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11442

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics