Tinjauan hukum Islam terhadap pelaksanaan pembiayaan murabahah dana tambahan pembelian rumah: studi kasus pada produk KPR di BPR syari'ah Artha Surya Barokah Semarang

Asiyah, Siti (2009) Tinjauan hukum Islam terhadap pelaksanaan pembiayaan murabahah dana tambahan pembelian rumah: studi kasus pada produk KPR di BPR syari'ah Artha Surya Barokah Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of NIM_042311042_Skripsi_Lengkap]
Preview
Text (NIM_042311042_Skripsi_Lengkap)
042311042_Skripsi Full.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sejak krisis moneter melanda Indonesia, bank-bank penyalur kredit pemilikan rumah (KPR) semakin sulit untuk mendapatkan dana murah dalam jangka panjang. Banyak yang mengira pembiayaan di BPR Syari’ah sangat mahal dan berbelit-belit, namun perlu diketahui sistem syariah dalam perbankan merupakan fenomena baru di Indonesia. Sistem ini terbukti handal karena dalam sistem ini tidak mengenal bunga (interest) yang terbukti menjadi faktor yang menyebabkan bank-bank ambruk atau dilikuidasi akibat negative spread atau kredit macet. Karena harga jual bank ditentukan oleh besarnya harga pokok, rate keuntungan dan jangka waktu angsuran. Besar angsuran tiap bulan dapat dibuat sama persis dengan angsuran KPR konvensional. Hanya bedanya, angsuran KPR syariah ini harga tidak terpengaruh oleh kenaikan atau penurunan suku bunga, jadi harga tidak akan berubah sampai kredit lunas.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan Field Research (penelitian lapangan). Sedangkan metode untuk mengumpulkan data atau bahan dalam penelitian lapangan ini terdiri dari observasi (pengamatan), interview (wawancara) dan dokumentasi. Setelah data-data dikumpulkan dan diperoleh dari sumber primer dan skunder kemudian dianalisis. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan metode Deskriptif Analisis, yaitu suatu metode yang bertujuan untuk menggambarkan, menjelaskan, menganalisa dan menginterprestasikan suatu kejadian pada saat itu.
Selanjutnya dalam penelitian ini membahas tentang bagaimana pelaksanaan pembiayaan murabahah dana tambahan pembelian rumah di BPR Syari'ah Artha Surya Barokah Semarang dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktek pelaksanaan pembiayaan murabahah dana tambahan pembelian rumah di BPR Syari'ah Artha Surya Barokah Semarang.
Murabahah dana tambahan pembelian rumah di BPR Syari’ah Artha Surya Barokah menggunakan sistem pembiayaan dengan total harga – uang muka = harga yang dibayar oleh BPR Syari’ah Artha Surya Barokah. Harga beli (harga pokok bank) kemudian ditambah dengan margin keuntungan yang menghasilkan harga jual. Menurut hukum Islam bahwa dalam prakteknya pembiayaan murabahah dana tambahan pembelian rumah tidak menggunakan interest (bunga) yang mengandung unsur riba, tetapi dalam kegiatan pembiayaan murabahah menentukan margin keuntungan sebagai tambahan harga jual.
BPR Syari’ah Artha Surya Barokah mengambil murabahah dana tambahan pembelian rumah menggunakan model pembiayaan jangka pendek kepada para nasabah guna pembelian rumah dan menggunakan uang muka dalam pembiayaannya. BPRS menyediakan barang (rumah) dengan membeli kepada pihak ketiga kemudian menjualnya kepada nasabah dengan tambahan margin keuntungan. Sedangkan pembayaran dilakukan oleh nasabah biasanya dalam bentuk angsuran, barang yang dibeli berfungsi sebagai agunan sampai seluruh biaya dilunasi dan BPRS boleh meminta agunan tambahan kepada nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan;muragahah;pembelian rumah
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.54 Zakat (Wakaf, Hibah, Infak, Sedekah, dll.)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Hartono Hartono
Date Deposited: 02 Jul 2020 07:36
Last Modified: 02 Jul 2020 07:36
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11444

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics