Perhatian orangtua nelayan terhadap shalat anak di Desa Wedung Kecamatan Wedung Kabupaten Demak

Hasanah, Luqfatul (2008) Perhatian orangtua nelayan terhadap shalat anak di Desa Wedung Kecamatan Wedung Kabupaten Demak. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_3102173_luqfatul_hasanah]
Preview
Text (skripsi_3102173_luqfatul_hasanah)
3102173_LUQFATUL_HASANAH.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Luqfatul Hasanah (NIM: 3102173). ”Perhatian Orangtua Nelayan Terhadap Shalat Anak di Desa Wedung Kecamatan Wedung Kabupaten Demak”. Skripsi. Semarang: Program Strata I IAIN Walisongo Fakultas Tarbiyah Jurusan Pendidikan Agama Islam 2008.
Penelitian ini mengangkat permasalahan: Bagaimana cara orangtua nelayan di Desa Wedung Kecamatan Wedung Kabupaten Demak dalam memperhatikan shalat anak? dan Bagaimana macam-macam perhatian orangtua nelayan yang diberikan terhadap shalat anak di Desa Wedung Kecamatan Wedung Kabupaten Demak?
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif lapangan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode observasi (observation), wawancara (interview) dan metode dokumentasi (documentation) dengan menggunakan pendekatan fenomenologik. Analisis dilakukan setelah peneliti memperoleh data dan mengumpulkannya, mengkaji data dan mengelompokkan dengan teknik koding, data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif dengan disertai argumen-argumen untuk dijadikan sebagai temuan yang disusun dengan menggunakan logika induktif kemudian dibuat sintesa sementara untuk dijadikan kesimpulan sebagai hasil penelitian.
Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah: 1) Cara orangtua nelayan di Desa Wedung dalam memperhatikan shalat anak adalah dengan cara: bimbingan dan pengajaran, kontrol dan koreksi, dan perintah dan peringatan. 2) Macam-macam perhatian yang diberikan orangtua nelayan terhadap shalat anak-anak di Desa Wedung Kecamatan Wedung Kabupaten Demak adalah: perhatian disengaja dan perhatian intensif.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi informasi bagi para mahasiswa, khususnya mahasiswa Fakultas Tarbiyah sebagai calon guru dan menjadi orangtua yang nantinya juga akan menghadapi kegiatan ibadah shalat anak-anak dalam keluarga.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan anak; Nelayan; Shalat; Perhatian orang tua
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 01 Jul 2020 08:01
Last Modified: 01 Jul 2020 08:01
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11468

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics