Penilaian pembelajaran PAI : studi tentang penilaian keterampilan shalat di kelas X SMA Negeri 8 Semarang

Rahayu, Ninik (2008) Penilaian pembelajaran PAI : studi tentang penilaian keterampilan shalat di kelas X SMA Negeri 8 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_3102197_ninik_rahayu]
Preview
Text (skripsi_3102197_ninik_rahayu)
3102197_ninik_rahayu.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ninik Rahayu (NIM. 3102197). Penilaian Pembelajaran PAI (Studi Tentang Penilaian Keterampilan Shalat) Di Kelas X SMA Negeri 8 Semarang. Skripsi. Semarang Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo, 2008.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan penilaian pembelajaran PAI pada siswa kelas X di SMA Negeri 8 Semarang; 2) penilaian keterampilan shalat pada siswa kelas X di SMA Negeri 8 Semarang.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan kerangka berpikir induktif. Untuk menganalisis datanya menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Digunakan untuk mengetahui pelaksanaan dan hasil penilaian pembelajaran mata pelajaran PAI pada kelas X SMA Negeri 8 Semarang.
Setelah dilakukan penelitian, diketahui bahwa pelaksanaan penilaian mata pelajaran PAI kelas X SMA Negeri 8 Semarang dibagi menjadi 2 yaitu penilaian proses dan hasil belajar. Penilaian proses terdiri dari pre-test, post-test, angket dan pengamatan. Sedangkan penilaian hasil belajar terdiri dari ulangan teori dan ulangan praktek yang dilaksanakan dengan ulangan harian dan ulangan semester. Penilaian berlangsung dengan baik dan sesuai dengan prinsip-prinsip penilaian seperti berkesinambungan, menyeluruh dan obyektif. Alat ukur yang dipergunakan valid dan reliabel yakni dapat mengukur sesuai dengan apa yang mau diukur dan hasil yang diperoleh dapat dipercaya. Untuk mengukur hasil belajar terhadap kemampuan berfikir atau pengetahuan (aspek kognitif) teknik penilaian berbentuk tes tulisan dan tes lisan. Sedangkan untuk mengukur penilaian kepribadian siswa (aspek afektif) teknik penilaian non-tes melalui observasi dengan skala sikap. Kemudian untuk mengukur keterampilan praktek pelaksanaan ibadah (aspek psikomotorik) teknik penilaiannya berbentuk tes perbuatan dengan metode observasi unjuk kerja dilengkapi instrumen skala penilaian. Pendekatan penilaian menggunakan acuan patokan atau kriteria dengan batas minimal 72 disesuaikan kondisi siswa.
Hasil penilaian pembelajaran PAI pada siswa kelas X SMA Negeri 8 Semarang dibagi menjadi dua, yaitu hasil penilaian proses pembelajaran dan hasil penilaian dari hasil belajar siswa. Hasil penilaian proses pembelajaran yang diperoleh dari pre tes dan post tes, angket dan pengamatan dijadikan tolok ukur dalam rangka memperbaiki kinerja guru dalam mengelola pembelajaran. Sedangkan hasil penilaian dari hasil belajar siswa yang diperoleh dari ulangan teori dan ulangan praktek yang dilaksanakan melalui ulangan harian dan ulangan semester dijadikan tolok ukur untuk mengetahui kemampuan sisiwa dalam penguasaan materi setelah mendapatkan pengalaman belajarnya. Adapun hasil penilaian yang diperoleh dari pengalaman belajar tersebut, meliputi: kemampuan kognitif, melalui penilaian terhadap kemampuan memahami dan menguasai materi yang disampaikan. Selanjutnya afektif, menilai terhadap kepribadian siswa dalam kehidupan kesehariannya. Dan psikomotorik dilakukan dengan mempraktekkan pelaksanaan ibadah yang telah diperoleh dari pengalaman belajar siswa termasuk di dalamnya adalah keterampilan shalat.
Adapun penilaian keterampilan shalat dilaksanakan dengan tes unjuk kerja yaitu siswa diminta untuk melakukan praktek shalat yang mencakup aspek qauliyah dan aspek fi’liyah, kemudian guru menilai ketepatan bacaan dan gerakannya. Hasil yang dicapai merupakan proses penilaian yang berlangsung secara bertahap, kontinue, komprehensif dan obyektif.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti, dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang dalam meningkatkan kompetensi profesionalnya agar dapat menjalankan tugasnya secara optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Evaluasi pembelajaran; Penilaian shalat; Pendidikan Agama Islam (PAI)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 02 Jul 2020 02:07
Last Modified: 02 Jul 2020 02:07
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11474

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics