Upaya meningkatkan semangat belajar peserta didik dalam pembelajaran fiqih melalui pendekatan contextual teaching and learning : studi tindakan di kelas VII MTs. Fatahillah Semarang

Ulil Huda, Rif’an (2008) Upaya meningkatkan semangat belajar peserta didik dalam pembelajaran fiqih melalui pendekatan contextual teaching and learning : studi tindakan di kelas VII MTs. Fatahillah Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_3103038_rifan_ulil_huda]
Preview
Text (skripsi_3103038_rifan_ulil_huda)
3103038_Rifan_Ulil_Huda.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rif’an Ulil Huda (NIM : 313038). Upaya Meningkatkan Semangat Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran fiqih Melalui Pendekatan Cotextual Teaching and Learning (Studi Tindakan di Kelas VII MTs. Fatahillah Semarang).

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) semangat belajar fiqih di kelas VII MTs. Fatahillah (2) bagaimana pembelajaran fiqih di kelas VII MTs. Fatahilah dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (3) pengaruh model pembelajaran melalui pendekatan Contextual Teaching and Learning terhadap semangat belajar peserta didik dalam pembelajaran fiqih di kelas VII MTs. Fatahillah.
Penelitian ini menggunakan studi tindakan (action research) pada peserta didik kelas VII MTs. Fatahillah Semarang. Dari hasil observasi secara langsung di kelas VII melalui pra siklus penelitian tindakan dapat diketahui metode yang digunakan oleh guru bidang studi mata pelajaran fiqih yang belum secara penuh mengedepankan pembelajaran aktif dan cenderung terjadi komunikasi satu arah artinya peserta didik cenderung pasif dalam pembelajaran hal ini dapat dilihat dari kesiapan dan keaktifan pada saat pembelajaran berlangsung, hal ini juga tampak dengan adanya hasil belajar yang belum maksimal artinya belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Kesiapan dalam pembelajaran dan keaktifan peserta didik menggambarkan semangat untuk mengikuti pembelajaran. Obyek penelitian ini adalah di MTs. Fatahillah Semarang dengan populasi 146 peserta didik yang terbagi dalam 5 kelas yaitu kelas VIIA 28 peserta didik, VII B 27 peserta didik, VIII 44 peserta didik, IX A 23 peserta didik, kelas IX B 24 peserta didik. Dalam penelitian ini peneleti menggunakan satu kelas untuk menerapkan model pembelajaran dengan berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) yaitu kelas VII B yang jumlahnya ada 27 peserta didik.
Setelah dilaksanakan tindakan melalui pembelajaran dengan pendekatan kontekstual dengn menciptakan suasana pembelajaran aktif maka suasana kelas menjadi hidup, peserta didik menjadi semangat belajar dan hasil belajar maksimal. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap pra siklus, siklus 1 dan siklus 2. Pada tahap pra siklus semangat belajar peserta didik mempunyai prosentase 61 % dan rata-rata tes akhir 63,85. Pada siklus 1 setelah dilaksanakan tindakan semangat belajar peserta didik meningkat menjadi 68,57 % dan rata-rata tes akhir 67,63. Sedangkan pada siklus 2 setelah diadakan evaluasi pelaksanaan tindakan pada siklus 2 semangat belajar mengalami peningkatan yaitu semangat peserta didik dapat diprosentasekan menjadi 77,14 % dan rata-rata tes akhir peserta didik adalah 74, 30. Dari tiga tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan sebelum diterapkan model pembelajaran secara kontekstual dengan sebelumnya. Namun dari penelitian tersebut terdapat siswa yang dari tahap pra siklus, siklus pertama dan kedua mempunyai nilai skor tes akhir dibawah kriteria ketuntasan minimal, hal ini disebabkan karena beberapa hal yaitu karena kondisi kekeluargaan yang tidak mendukung dan memang daya ingat atai tingkat intelektualitas maupun IQ yang rendah.
Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti membuktikan bahwa ada peningkatan semangat belajar dan hasil belajar peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dengan berbasis kontekstual. Semangat ini dapat dilihat dari keaktifan dan kesiapan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran.
Hasil penelitian tersebut, diharapkan dapat memberi pengetahuan kepada semua pihak (peserta didik, guru, orang tua) untuk dapat meningkatkan semangat belajar pada mata pelajaran fiqih. Dorongan belajar dan semangat belajar juga bisa dari faktor orang tua atau keluarga yang dapat mempengaruhi kondisi psikologis anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Semangat belajar; Peserta didik; Pembelajaran fiqih; Contextual teaching
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 09 Jul 2020 04:00
Last Modified: 09 Jul 2020 04:00
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11497

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics