Implementasi accelerated learning dalam pembelajaran akidah akhlak di MA Miftahussalam Wonosalam Demak tahun ajaran 2007/2008

Luthfiyana, Moh Rofiq (2008) Implementasi accelerated learning dalam pembelajaran akidah akhlak di MA Miftahussalam Wonosalam Demak tahun ajaran 2007/2008. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of skripsi_3103044_moh_rofiq_luthfiyana]
Preview
Text (skripsi_3103044_moh_rofiq_luthfiyana)
3103044_MOH_ROFIQ_LUTHFIYANA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Moh Rofiq Luthfiyana (NIM: 3103044). “Implementasi Accelerated Learning dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MA Miftahussalam Wonosalam Demak Tahun Ajaran 2007/2008”. Skripsi. Semarang : Program strata I jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Walisongo 2008.

Rumusan Masalah: 1) Bagaimana Implementasi Accelerated Learning dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MA Miftahussalam Wonosalam Demak 2) Problematika apa yang dihadapi oleh MA Miftahussalam Wonosalam Demak dalam menerapkan Accelerated Learning dalam pembelajaran Akidah Akhlak.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk Mendeskripsikan dan menganalisa Implementasi Accelerated Learning dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MA Miftahussalam Wonosalam Demak. 2) Untuk mendeskripsikan dan menganalisa problematika yang dihadapi oleh MA Miftahussalam Wonosalam Demak dalam menerapkan Accelerated Learning dalam pembelajaran Akidah Akhlak

Jenis penelitian ini adalah Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yaitu penelitian yang bersifat atau memiliki karakteristik, bahwa datanya dinyatakan dalam keadaan sewajarnya atau sebagaimana adanya (Natural Setting) dengan tidak merubah dalam bentuk simbol-simbol atau bilangan. Pendekatan Penelitian yang digunakan adalah pendekatan fenomenologi yang merupakan bentuk pemahaman gejala aspek yang subyektif dari perilaku orang. Fokus Penelitian meliputi: bentuk penerapan accaleration learning dan problematika yang dihadapi dalam penerapannya di MA Miftahussalam Wonosalam Demak, sumber data yang dipakai adalah data yang merupakan data lapangan, sedangkan pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh lalu dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif yang peneliti gunakan ini mengacu pada analisis data secara induktif, Dalam hal ini peneliti menganalisis Implementasi Accelerated Learning dan problematika pembelajaran dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MA Miftahussalam Wonosalam Demak.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Implementasi Accelerated Learning dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MA Miftahussalam Wonosalam Demak dilakukan dengan mengaktifkan pembelajaran di mana interaksi di bentuk antara guru dan peserta didik menjadi dua arah, pembelajaran dibentuk fun dan lebih mengikut sertakan seluruh aspek ranah. Metode yang digunakan sama seperti pembelajaran yang lain akan tetapi lebih variatif dan mengarah pada kemampuan peserta didik dan bersifat mempercepat pengetahuan dan pemahaman peserta didik akan pembelajaran yang ia lakukan, bentuk model pembelajaran Accelerated Learning menggunakan bentuk SAVI dan MASTER yang disesuaikan dengan kebutuhan anak dan kemampuan madrasah. 2) Problematika dihadapi oleh MA Miftahussalam Wonosalam Demak dalam menerapkan Accelerated Learning dalam pembelajaran Akidah Akhlak lebih banyak berkisar pada kurangnya pelatihan atau seminar, dana dan kemampuan peserta didik..

Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Metode pembelajaran; Accelerated learning; Pembelajaran akidah akhlak
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 09 Jul 2020 04:19
Last Modified: 09 Jul 2020 04:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/11500

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics